TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Akan Tegur Gibran Terkait Sikapnya Saat Debat Pertama Capres 2024

KPU Akan Tegur Gibran Terkait Sikapnya Saat Debat Pertama Capres 2024

14 Desember 2023 13:14 WIB
KPU Akan Tegur Gibran Terkait Sikapnya Saat Debat Pertama Capres 2024

TVRINews, Jakarta

Usai diselenggarakannya proses Debat pertama Calon Presiden (Capres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan memberikan teguran terhadap Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 yakni Gibran Rakabuming Raka.

Teguran tersebut dilakukan, karena KPU menilai Gibran telah menunjukkan sikap yang berlebihan dengan melakukan gerakan isyarat atau gestur bersorak saat debat pertama capres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa, 12 Desember 2023 kemarin. 

"Ini (perilaku Gibran) yang tidak boleh dan kami tegur," Kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023

Hasyim berharap nantinya, teguran tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi dalam melaksanakan proses debat selanjutnya.

Baca Juga: Waketum TKN Sebut Prabowo Tolak Usulan ‘Nakal’ Saat Debat Perdana Capres

"Saat evaluasi dan rapat persiapan debat selanjutnya, kami sampaikan," harap Hasyim.

Sebelumnya, saat debat pertama capres Pemilu 2024 berlangsung, Gibran terlihat berdiri dari tempat duduknya, berteriak, dan bertepuk tangan untuk mengajak para pendukung pasangan Capres-cawapres nomor urut 2 untuk ikut bersorak.

Gibran sontak berdiri dan menggerakkan kedua tangannya dari bawah ke atas saat capres Prabowo Subianto merespons pertanyaan dari capres Anies Baswedan. Gerakan itu Gibran arahkan ke para pendukungnya yang berada di lokasi debat.

Baca Juga: Ini Tanggapan Ganjar Disinggung soal Pupuk di Jateng oleh Prabowo

Saat itu, Prabowo sedang menjawab pertanyaan dari Anies soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah syarat umur calon presiden dan calon wakil presiden di bawah usia 40 tahun dan pernah atau sedang menjabat sebagai kepala daerah hasil pilkada.

Dengan gerakan tubuh Gibran itu, para pendukung pasangan calon Prabowo-Gibran pun semakin bersorak di dalam ruang debat.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI