TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ketua KPK Nawawi Nilai Gagasan ke 3 Capres soal Pemberantasan Korupsi Tak Menarik, Timnas AMIN: Coba Cermati Lagi!

Ketua KPK Nawawi Nilai Gagasan ke 3 Capres soal Pemberantasan Korupsi Tak Menarik, Timnas AMIN: Coba Cermati Lagi!

14 Desember 2023 21:53 WIB
Ketua KPK Nawawi Nilai Gagasan ke 3 Capres soal Pemberantasan Korupsi Tak Menarik, Timnas AMIN: Coba Cermati Lagi!
Foto: Mantan Pimpinan KPK sekaligus Anggota Dewan Pakar Timnas AMIN, Bambang Widjojanto (BW) (TVRINews/Nirmala Hanifah)

TVRINews, Jakarta

Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango menilai saat debat perdana, gagasan ketiga capres terkait pemberantasan korupsi dinilai tak ada yang menarik. 

Menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Pakar Timnas AMIN, Bambang Widjojanto (BW) mengatakan jika seharusnya Nawawi dapat menyimak debat tersebut dengan cermat untuk memahami konsep pemberantasan korupsi.

 

"Kalau Pak Nawawi mendengarkan dengan sangat cermat ada 1a, 1b, 1c. 1a pertama dan itu tidak pernah dilakukan sebelumnya adalah peningkatan hadiah pemburu koruptor," kata Bambang di Rumah Perubahan, Brawijaya X, Jakarta Selatan, Kamis, 14 Desember 2023.

 

Kemudian, Bambang menuturkan, saat debat tersebut Anies Baswedan capres dengan nomor urut 1 itu memiliki konsep yang bagus untuk memberantas korupsi.

“Pak Anies memberikan pendapat terkait pemberantasan korupsi, dengan cara mendorong pengesahan RUU Perampasan aset dan merubah UU KPK. Tidak cuma itu saja, beliau juga akan membangun gerakan anti korupsi yang nantinya siapapun yang sudah membantu memberantas korupsi akan mendapatkan reward,” ucap Bambang

"Dan sebenarnya yang menurut kami cukup menarik untuk dikemukakan. Apalagi yang bisa dilakukan seperti itu kami nanti akan membuat proses untuk mendapatkan hibah dari para pelapor koruptor itu nanti dibikin lebih mudah dengan begitu ini bukan sekadar gimik. Kami ingin membangun gerakan anti korupsi yang melibatkan partisipasi publik secara meaningful," imbuhnya.

Bambang juga membeberkan, jika Anies akan menyiapkan office of integrity untuk meningkatkan integritas pegawai KPK dalam memberantas korupsi.

“Apa yang kami sebut dengan office of integrity itu belajar dari Malaysia, jadi untuk menjaga integritas. Tidak bisa integritas sekadar menandatangani pakta integritas,” tukas dia.

Sebelumnya, Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango menilai saat debat perdana, gagasan ketiga capres terkait pemberantasan korupsi dinilai tak ada yang menarik. 

Hal ini lantaran, gagasan dari ketiga capres dinilai tak menghasilkan suatu gagasan besar terhadap masa depan pemberantasan korupsi.

"Semalam saya ikut juga karena diundang menyaksikan debat kusir, eh maaf debat capres. Capek-capek dari sini saya bela-belain ke sana saya ingin mendengar ada konsep pemberantasan korupsi nggak yang bisa ditawarkan oleh beliau," kata Nawawi dalam diskusi Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Desember 2023.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI