RRI

Anies-Cak Imin Akan Hidupkan Pemburu Koruptor

15 Desember 2023 06:50 WIB
Anies-Cak Imin Akan Hidupkan Pemburu Koruptor
Anggota Dewan Pakar Timnas AMIN berkumpul di Jakarta, Kamis (14/12/2023). (Foto: Ryan Suryadi/RRI)

KBRN, Jakarta: Pasangan Capres dan Cawapres Nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan menghidupkan pemburu koruptor. Keduanya akan meningkatkan hadiahnya jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029.

Anggota Dewan Pakar Timnas AMIN, Bambang Widjojanto mengatakan, program ini adalah salah satu langkah memberantas korupsi. Hal tersebut karena Paslon nomor urut 1 ini sudah memiliki beberapa strategi efektif dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Ini karena dia bisa mengembalikan uang kepada negara dari koruptor di atas 1 billion dolar," kata Bambang, di Jakarta, Kamis (14/12/2023). 

Terkait dengan peningkatan hadiah pemburu koruptor, pihaknya sudah melakukan riset di Amerika. Siapa saja yang bisa, mendapatkan uang 279 juta dolar.

Bambang mengungkapkan, selain peningkatan hadiah pemburu koruptor, dia juga memandang perlu segera pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perampasan Aset. Dengan aturan itu, bisa meminimalkan korupsi.

Bambang juga memandang penting integritas dalam rangka pemberantasan korupsi. Namun, itu harus dijalankan bukan sekadar tanda tangan pakta integritas semata. 

Hal ini mengingat integritas harus tumbuh di semua warga Indonesia meskipun memerlukan waktu. "Terpenting adalah membangun gerakan antikorupsi di seluruh negeri, diharapkan pemberantasan korupsi di Indonesia bisa maksimal," ucapnya. 



Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Mosita
Sumber: RRI