RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jika Menang Pilpres, AMIN Niat Reformasi Instansi Polri

Jika Menang Pilpres, AMIN Niat Reformasi Instansi Polri

15 Desember 2023 10:00 WIB
Jika Menang Pilpres, AMIN Niat Reformasi Instansi Polri
Paslon Capres-Cawapres Nomor Urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam acara debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: LPP RRI)

KBRN, Jakarta: Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar), Hamdan Zoelva mengatakan, jagonya siap mereformasi Polri. Hal itu bakal segera diwujudkan Anies-Muhaimin, jika terpilih dan menang Pilpres 2024.

"AMIN memiliki komitmen untuk lebih menyejahterakan polisi. Memastikan jenjang karier yang adil dalam institusi kepolisian Indonesia," kata Hamdan dalam keterangan persnya, Jumat (15/12/2023).

Kesejahteraan polisi, Hamdan mengungkapkan, penting diwujudkan untuk memberantas paktik korupsi. Yakni, praktik korupsi seperti bantuan 'orang dalam' pada urusan kenaikan pangkat di Polri.

"Sekarang ini kita tahu cerita ordal (orang dalam), ini tidak boleh terjadi. Sehingga siapa pun yang memegang jabatan di Polri, berdasarkan merit sistem tanpa ordal," ucap Hamdan.

Tidak hanya itu, Hamdan menekankan, penting juga melakukan digitalisasi dalam pelaporan di kepolisian. Hal ini penting untuk memperkecil kemungkinan, tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh personel polisi.

"Kalau tidak punya ordal tidak bisa naik pangkat karena tidak punya ordal. Orang naik pangkat karena ada ordal," ujar Hamdan.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI