RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ganjar Pranowo Tanda Tangani Piagam Perjuangan untuk Pesantren

Ganjar Pranowo Tanda Tangani Piagam Perjuangan untuk Pesantren

15 Desember 2023 10:45 WIB
Ganjar Pranowo Tanda Tangani Piagam Perjuangan untuk Pesantren
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah), pimpinan Ponpes Nurul Huda KH Atok Romli Mustofa (kanan), dan Ketua Umum Laju Indonesia Rieke Diah Pitaloka (kiri) menunjukkan Piagam Perjuangan Nurul Huda 'Tri Dharma GAMA untuk Pesantren' di sela pelaksanaan Selawat Kebangsaan di Pondok Pesantren Nurul Huda, Kabupaten Bekasi, Kamis (14/12/2023) (Foto: Dokumentasi/Istimewa).

KBRN, Jakarta: Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menandatangani Piagam Perjuangan Nurul Huda 'Tri Dharma GAMA (Ganjar-Mahfud) untuk Pesantren'. Penandatanganan dilaksanakan di sela Selawat Kebangsaan di Pondok Pesantren Nurul Huda, Kabupaten Bekasi, Kamis (14/12/2023). 

Ganjar menyatakan, penandatanganan ini sebagai bukti keseriusan memperjuangkan santri, pendidik, dan pengajar pesantren di seluruh Indonesia. "Piagam tersebut sekaligus bukti komitmen perjuangan kami," kata Ganjar.

Turut hadir dan menandatangani adalah pimpinan Ponpes Nurul Huda KH Atok Romli Mustofa. Ada pula Ketua Umum Laju Indonesia Rieke Diah Pitaloka. 

Bunyi piagam antara lain terkait memperjuangkan politik legislasi dan politik anggaran. Tujuannya memperkuat hadirnya pesantren vokasi (kejuruan) yang terintegrasi dengan industri nasional dan penyiapan lapangan kerja. 

Hal ini untuk memastikan lulusan pesantren memiliki kesempatan sama dengan lulusan lembaga pendidikan lain. Utamanya dalam memperoleh pekerjaan yang layak di sektor industri. 

Kemudian, memperjuangkan politik legislasi dan politik anggaran untuk jaminan kesehatan santri sesuai dengan prinsip Sistem Jaminan Sosial Nasional. Lalu, memperkuat dan mendampingi Balai Kesehatan Masyarakat (BKM) di lingkup pesantren.

Di antaranya terkait akreditasi dan kerja sama BKM dengan BPJS Kesehatan. Selain itu, terkait upah dan lima jaminan sosial bagi pengajar dan pendidik di pesantren. 

Adapun, piagam komitmen perjuangan bagi pesantren di seluruh Tanah Air tersebut dibacakan pimpinan Ponpes Motivasi Indonesia KH Ahmad Nurul Huda. Saat pembacaan disaksikan ribuan santri dan perwakilan kiai dari sebanyak 50 pesantren.

Pewarta: Bunaiya
Editor: Allan
Sumber: RRI