TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Timnas AMIN: Istana Negara Perlu Pasang Kentungan, Sebagai Alarm Pengingat Jika Ada Kecurangan

Timnas AMIN: Istana Negara Perlu Pasang Kentungan, Sebagai Alarm Pengingat Jika Ada Kecurangan

15 Desember 2023 12:27 WIB
Timnas AMIN: Istana Negara Perlu Pasang Kentungan, Sebagai Alarm Pengingat Jika Ada Kecurangan
Foto: Asisten Pelatih Timnas AMIN, Jazilul Fawaid

TVRINews, Jakarta

Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) telah meresmikan ‘Gerakan Rakyat 1 Juta Kentungan Perubahan 2024’ di Rumah Perubahan di Brawijaya X, Jakarta Selatan, Jumat 15 Desember 2023.

Asisten Pelatih Timnas AMIN Jazilul Fawaid mengatakan jika kentungan merupakan bagian dari budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

Selain itu, Jazilul juga menilai jika kentungan memiliki banyak fungsi. Seperti sebagai alarm bahaya, mengingatkan orang untuk beribadah.

“Intinya kentungan ini dilakukan sebagai gerakan rakyat, atau gerakan budaya untuk mengingatkan,” kata Jazilul, Jumat, 15 Desember 2023.

Menurut Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, sebaiknya Istana Negara juga memasang kentungan.

“Saya meneruskan saja bahwa ada banyak pikiran hari ini, dan seharusnya kentungan ini kan bagian dari gerakan budaya,” ucapnya.

“Biasanya (kentungan) ada di pendopo, yang dimana dulunya pendopo itu dulu semacam istana,m. Nah, saya pikir istana sekarang ini harus dipasangi kentongan dan ukurannya yang agak besar,” ujarnya menambahkan.

Jazilul menerangkan jika kentungan itu harus dipasangan lantaran sebagai pengingat kalau saat ini demokrasi di Indonesia sedang ada masalah.

“(Kentungan ini) dipasang di Istana, sebagai pengingat karena demokrasi sedang ada masalah. Kalau perlu, di kantor MK dipasang kentungan juga untuk mengingatkan,” tuturnya.

“Intinya (Istana Negara) perlu kentungan. Karena, Istana harus menjaga san tidak akan intervensi. Dengan adanya kentungan, dapat menjadi alarm lah. Alarm-alarm pengingat untuk penyemangat dan untuk menjaga dari kecurangan,” katanya melanjutkan.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI