RRI

Evaluasi KPU Soal Debat Capres-Cawapres

15 Desember 2023 13:20 WIB
Evaluasi KPU Soal Debat Capres-Cawapres
Suasana debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: LPP RRI)

KBRN, Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) August Mellaz membeberkan, catatan evaluasi yang dilakukan lembaganya bersama timses capres-cawapres Pilpres 2024. Utamanya, catatan evaluasi dalam perbaikan penyelenggaraan debat capres-cawapres kedua sampai kelima.

Dalam pertemuan dengan timses capres-cawapres, Kamis (14/12/2023), Mellaz memastikan, KPU tidak akan melakukan perubahan format debat. Hanya saja, dilakukan evaluasi mendalam agar debat capres-cawapres berjalan lebih baik lagi.

"Jadi untuk debat kedua, nanti bisa diteruskan ketiga, keempat, kelima. Tapi setiap kali selesai pelaksanaan debat, kita akan lakukan evaluasi semacam ini, termasuk hal yang sifatnya lebih teknis," kata Mellaz dalam keterangan persnya, Jumat (15/12/2023).

Usai debat perdana diselenggarakan di Kantor KPU, Mellaz memastikan, pihaknya dan timses capres-cawapres memiliki catatan soal tata tertib. Di mana diakuinya, tata tertib saat debat masih banyak terdapat kekurangan yang harus dibenahi.

"Yang jelas ada beberapa hal, misalnya kami akan optimalkan, satu, tim paslon terkait tata tertib. Jadi, akan lebih memperkuat koordinasi antar LO (Liaison Officer), LO nya KPU dengan tim paslon dalam rangka pendukung," ucap Mellaz.

Lebih lanjut, Mellaz meminta, masyarakat menunggu informasi resmi dari KPU soal penyelenggaraan debat capres-cawapres. Termasuk, dalam penentuan lokasi debat terakhir debat capres-cawapres.

"Ini nggak ngubah apapun, sebenernya sejak awal memang untuk perdana di KPU. Dan kemudian kalaupun dipertimbangkan penutupnya di KPU itu jadi satu hal, tapi posisi akhir tidak terlalu jadi penentu," ujar Mellaz.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI