RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Janjikan Kesetaraan dan Keadilan untuk Penyandang Disabilitas

Anies Janjikan Kesetaraan dan Keadilan untuk Penyandang Disabilitas

15 Desember 2023 14:11 WIB
Anies Janjikan Kesetaraan dan Keadilan untuk Penyandang Disabilitas
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat diwawancarai wartawan usai kampanye di Kota Bekasi, Jumat (15/12/2023) (Foto: RRI/Leny Kurniawati).
KBRN, Kota Bekasi: Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menjanjikan kesetaraan dan keadilan perlakuan bagi penyandang disabilitas. Anies menyampaikan janji tersebut di hadapan penyandang disabilitas saat kampanye di Islamic Center Kota Bekasi, Jumat (15/12/2023).

Anies menilai, selama ini para penyandang disabilitas belum mendapatkan kesetaraan dan keadilan yang layak. "Makanya kita hadir di sini untuk memperjuangkan dua hal itu," kata Anies yang disambut dengan tepuk tangan, Jumat (15/12/2023).

Para penyandang disabilitas berkesempatan bertanya jawab langsung kepada Anies dalam kampanye bertajuk Diskusi Santai Disabilitas se-Jabodetabek. Mereka nampak antusias dengan hadirnya Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menekankan, ada dua jenis kesetaraan yang diperlukan oleh penyandang disabilitas. Pertama kesetaraan fasilitas, kedua kesetaraan kesempatan.

"Saat di Jakarta, saya bersama jajaran dan penyandang disabilitas berkeliling kota melihat fasilitas-fasilitas publik apakah sudah ramah dengan disabilitas. Ternyata masih banyak fasilitas publik belum ramah penyandang disabilitas," ujarnya.

Kedua, tambahnya, yakni kesetaraan kesempatan. Terutama dalam sisi mendapatkan lapangan pekerjaan.

Anies berjanji apa yang diperlukan oleh penyandang disabilitas akan dipenuhi jika ia menjadi Presiden. Pihaknya akan melibatkan para penyandang disabilitas dalam menyusun kebijakan. 

"Kebijakan bagi penyendang disabilitas harus melibatkan langsung para penyandang disabilitas. Sehingga kebijakan terus tepat sasaran," ucap Anies. 

Anies didampingi Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Bendahara PKS Mahfudz Abdurrahman, dan Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara. Nampak pula sejumlah simpatisan Anies di Kota Bekasi hadir dalam kesempatan tersebut.

Pewarta: Leny Kurniawati
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI