RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jika Terpilih, Ganjar Janji Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

Jika Terpilih, Ganjar Janji Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

16 Desember 2023 02:00 WIB
Jika Terpilih, Ganjar Janji Penyaluran Bansos Tepat Sasaran
Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Rengasdengklok, Kerawang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). (Foto: Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud)

KBRN, Jakarta: Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo berjanji bakal memperbaiki pendataan penerima bantuan sosial (bansos) bila terpilih nanti. Ia menekankan bansos merupakan hak rakyat yang telah dianggarkan oleh negara.  

“Ya, bansos itu kan untuk rakyat. Sudah dianggarkan, jadi bukan punya presiden,” ujar Ganjar saat mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Rengasdengklok, Kerawang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).

Ganjar mengatakan dirinya bersama Mahfud MD menawarkan program “Satu Data Indonesia”. Nantinya para warga penerima bantuan pemerintah akan memiliki KTP Sakti (Satu Kartu Terpadu Indonesia).

KTP Sakti ini kata dia akan digunakan sebagai pendataan penerimaan bantuan dari pemerintah. Sehingga data-data warga yang berhak menerima bantuan akan dimasukkan ke dalam chip KTP. 

Ganjar menegaskan selain berfungsi sebagai database, KTP Sakti akan digunakan untuk urusan pelayanan publik lainya. Mulai dari pusat sampai ke daerah.

Pewarta: Alfreds Tuter
Editor: Pessy
Sumber: RRI