RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ganjar Tawarkan Satu Kartu untuk Akses Berbagai Bantuan

Ganjar Tawarkan Satu Kartu untuk Akses Berbagai Bantuan

16 Desember 2023 04:00 WIB
Ganjar Tawarkan Satu Kartu untuk Akses Berbagai Bantuan
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat silahturahmi Caleg dan Partai pengusung di Perum Graha Puspa Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). (Foto: TIm Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud)

KBRN, Jakarta: Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menawarkan sistem ‘Satu Data Indonesia’ bila terpilih nanti. Program tersebut nantinya akan diterjemahkan melalui KTP Sakti (Satu Kartu Terpadu Indonesia). Melalui program itu  masyarakat bisa mengakses berbagai bantuan pemerintah hanya dengan satu kartu Identitas saja. 

“Sehingga jaminan-jaminan selama ini ada dengan berbagai identitas satu persatu, sekarang bisa kita satukan dalam satu KTP dan kita sebut satu KTP Sakti,” ujar Ganjar usai silahturahmi Caleg dan Partai pengusung di Perum Graha Puspa Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).

Ganjar mengatakan KTP Sakti ini mempresentasikan sebuah kartu yang dipegang masyarakat untuk mendapatkan akses program. Nantinya warga yang berhak mendapatkan bantuan ada dalam satu data dan dikelola oleh pemerintah.

“KTP sakti ini merepresentasikan semuanya, tinggal pendataannya dibuat dengan baik, pengelolaannya dengan sistem yang baik. KTP-nya tinggal dipakai dengan card reader saja,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ganjar menyebut KTP Sakti ini mengacu dari KTP elektronik yang sudah diterapkan saat ini. Karena itu, Ia berjanji akan langsung menerapkan KTP Sakti ini bila terpilih nanti.

“Sebenarnya awal dari KTP elektronik dibuat. Maka tugas kita dan saya mengkonsolidasikan agar rakyat jauh lebih mudah menggunakan identitas tunggalnya,” katanya.

Pewarta: Alfreds Tuter
Editor: Pessy
Sumber: RRI