RRI

Kota Bekasi Jadi Incaran Capres Mendulang Suara

16 Desember 2023 15:29 WIB
Kota Bekasi Jadi Incaran Capres Mendulang Suara
Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan sedang diwawancarai wartawan saat berkampanye di Kota Bekasi, Jumat (15/12/2023) (Foto: RRI/Leny Kuniawati).

KBRN, Kota Bekasi: Kota Bekasi menjadi incaran para Capres untuk mendulang suara pada Pemilu 2024 nanti. Sebab, dalam satu pekan ini, tercatat dua orang capres berkampanye di salah satu kota Provinsi Jawa Barat tersebut.

Keduanya yaitu Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan dan Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo. Baik Anies dan Ganjar memulai kampanye di Kota Bekasi sejak Jumat (15/12/2023). 

Anies berkampanye dengan berdiskusi bareng penyandang disabilitas se-Jabodetabek. Sementara Ganjar memulai kampanye dengan berdiskusi dan ngopi bareng anak-anak muda.

Anies dalam kampanyenya berjanji menghadirkan keadilan dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas. Sebab, menurutnya, selama ini kelompok disabilitas belum mendapatkan itu.

“Yang harus penyandang disabilitas dapatkan adalah keadilan dan kesetaraan. Makanya kita hadir di sini untuk memperjuangkan dua hal itu,” kata Anies saat berorasi di hadapan penyandang disabilitas.

Ganjar berkampanye selama dua hari, mulai Jumat, hingga Sabtu pekan ini. Titik dikunjunginya pun banyak, begitupun sasaran masa yang ia jumpai, mulai dari pemuda, mak-mak, tokoh agama, hingga relawan.

Ganjar mendatangi Posko Gotong Royong Laskar Ganjar Pranowo di bilangan Kayuringin, Kota Bekasi, hari ini. Saat berada di sana, Ganjar berpesan kepada para pendukungnya untuk menjadikan Posko Gotong Royong sebagai sentral aspirasi masyarakat.

Kedatangan Ganjar disambut antusias relawan pendukungnya. Para relawan senang dengan hadirnya Ganjar di Kota Bekasi.

Ketua Umum Laskar Ganjar Pranowo, Nawang Andi Kusuma mengatakan, hadirnya Ganjar di Kota Bekasi membawa optimisme. Ia semakin yakin, bahwa kandidat yang didukungnya tersebut akan menang di Kota Bekasi.

“Kehadiran Mas Ganjar membuat kami para relawan yakin Mas Ganjar akan menang di Kota Bekasi. Tentunya ini memotivasi kami untuk terus bergerak memenangkan Mas Ganjar,” ucapnya.

Bukan hal mengherankan jika Kota Bekasi menjadi sasaran para Capres. Sebab, jumlah pemilih di kota ini terbilang tinggi, mencapai 1,8 juta yang didominasi generasi Z dan milenial. 

Anggota KPU Kota Bekasi Afif Fauzi mengatakan, gen-Z dan milenial akan menentukan sukses tidaknya penyelenggaraan Pemilu 2024. Menurutnya, berdasarkan data yang KPU Kota Bekasi, jumlah pemilih Gen-Z dan Melenial mencapai 55 persen.

Pewarta: Leny Kurniawati
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI