RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Jakpus Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Kecamatan

KPU Jakpus Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Kecamatan

16 Desember 2023 15:47 WIB
KPU Jakpus Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Kecamatan
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma (berkemeja putih), menghadiri peluncuran distribusi logistik Pemilu 2024 (Foto: RRI/Aditya Prabowo)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 untuk delapan kecamatan di wilayah tersebut. Sebelumnya, logistik pemilu itu tersimpan di gudang kota. 

“Ini merupakan distribusi tahap awal yang kami luncurkan," kata Ketua KPU Jakarta Pusat, Efniadiyansyah, Sabtu (16/12/2023). Logistik pemilu yang didistribusikan itu berupa bilik dan kotak suara. 

Sedangkan logistik berupa tinta, segel, alat tulis kantor, alas, dan paku coblos akan didistribusikan secara bertahap. "Kami memiliki waktu hingga 25 Januari 2024 untuk mendistribusikan seluruh logistik pemilu," ucapnya.

Peluncuran perdana distribusi logistik ini dimulai di Kecamatan Tanah Abang. Ini karena wilayah tersebut dinilai sebagai pusat perekonomian Ibu Kota.

Menurut Efniadiyansyah, Kecamatan Tanah Abang memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) kedua terbanyak di Jakarta Pusat. Tercatat sebanyak 128.786 orang terdaftar sebagai pemilih tetap di sana.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, memastikan pihaknya siap membantu pengamanan distribusi logistik Pemilu. Selain itu, Polres Jakpus juga akan membantu pengamanan di kantor logistik, percetakan, serta gedung penampung logistik Pemilu.

"Hampir dua pertiga kekuatan atau sekitar 700 personel dikerahkan untuk mengamankan," ujarnya. Susatyo juga menyatakan dukungan pengamanan juga diberikan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI