RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Semua Capres Bakal Diajak Berdiskusi Olahraga Pekan Depan

Semua Capres Bakal Diajak Berdiskusi Olahraga Pekan Depan

16 Desember 2023 16:43 WIB
Semua Capres Bakal Diajak Berdiskusi Olahraga Pekan Depan
Ketua Forum Komunikasi Cabang Olahraga Indonesia Jadi Rajagukguk (kedua kanan) bersama anggota lainnya (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Forum Komunikasi Cabang Olahraga Indonesia akan menggelar diskusi panel bertajuk Komitmen Capres terhadap Prestasi Olahraga Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan paparan visi dan misi ketiga kandidat calon Presiden terhadap pengembangan olahraga di tanah air.

Diskusi tersebut akan berlangsung di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Selasa (19/12/2023) siang. Ketua Forum Komunikasi Cabang Olahraga Indonesia Jadi Rajagukguk mengatakan forum ini diinisiasi 65 federasi olahraga nasional (PP/PB).

Mereka merupakan cabang olahraga kategori Olimpiade dan non-Olimpiade. Tujuannya adalah untuk mengenal pemikiran ketiga kandidat Presiden dan wakil Presiden.

“Keluarga besar olahraga Indonesia ini ingin mengenal visi dan misi ketiga kandidat calon Presiden dan Wakil Presiden terhadap situasi olahraga Indonesia saat ini.  Tentunya ada sejumlah tantangan di sektor olahraga, dan kami ingin mengetahui perspektif mereka,” kata Jadi, Jumat (15/12/2023).

Jadi menjelaskan pihaknya telah mengirimkan undangan kepada ketiga kandidat dan telah mengonfirmasi untuk hadir. Jadi menjelaskan, mereka akan memaparkan pandangannya terhadap olahraga Indonesia di hadapan lima panelis.

Panelis terdiri dari perwakilan cabor Olimpiade, non-Olimpiade, atlet, Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) serta akademisi. Jadi mengatakan acara ini bukan debat.

“Karena kami keluarga besar olahraga Indonesia menyadari olahraga perlu menjadi alat pemersatu. Sehingga, konsepnya adalah setelah satu kandidat memaparkan visi dan misinya, kelima panelis ini yang akan bertanya karena mereka mewakili pandangan-pandangan kami,” ujar Jadi.

“Kami ingin tahu seperti apa pemikiran capres terutama dari masalah pembinaan dan prestasi. Pembinaan ini artinya bukan sekadar jangka pendek, tetapi jangka panjang, terutama untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Ketua  Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA) Saiful Sutan Aswar.

Forum diskusi ini rencananya akan dihadiri ratusan masyarakat olahraga Indonesia. Mereka terdiri dari perwakilan cabor, praktisi, wartawan, hingga penggiat olahraga komunitas.

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI