RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ganjar-Mahfud: E-Sport Jalan keluar Jebakan 'Middle Income Trap'

Ganjar-Mahfud: E-Sport Jalan keluar Jebakan 'Middle Income Trap'

17 Desember 2023 11:03 WIB
Ganjar-Mahfud: E-Sport Jalan keluar Jebakan 'Middle Income Trap'
Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo. (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)

KBRN, Jakarta: Paslon Capres-Cawapres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyoroti, perkembangan industri kreatif e-Sport. Ganjar-Mahfud menjanjikan, mendukung industri yang digawangi kaum muda sebagai native digital.

"Geliat e-Sport tidak bisa dipandang sebelah mata, sebagai salah satu ekosistem ekonomi digital. e-Sport bisa dijadikan jalan keluar bagi perekonomian Indonesia dari jebakan pendapatan menengah atai middle income trap," kata Ganjar saat menghadiri Tournament Mobile Legend dan Basket 3 on 3 Piala Ganjar-Mahfud, di GOR Basket Kota Bekasi, Sabtu (16/12/2023).

Menurut Ganjar, perkembangan e-Sport di Indonesia juga potensial membuka lapangan kerja baru di sektor digital. Oleh karena itu, Ganjar-Mahfud mengharapkan, dunia e-Sport mampu menampung harapan anak-anak muda.

“Salah satunya melalui e-Sport dan olahraga pada umumnya, ada juga anak-anak yang kreatif. Ada juga anak-anak yang senang dengan dunia digital," ucap Ganjar.

Kemudian, Ganjar juga menyadari, industri e-Sport dari sisi bisnis mengalami banyak perkembangan positif. Baik dari dukungan sponsor, maupun kesempatan berkarir di industri ini.

Tak hanya atlet yang semakin banyak jumlahnya, lapangan kerja di industri esports saat ini pun makin terbuka. "Maka ini sebagai refleksi dari kelak kemudian anak-anak muda punya ruang yang lebih banyak,” ujar Ganjar.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI