RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ribuan Jawara Banten Deklarasikan Pemilu 2024 Damai

Ribuan Jawara Banten Deklarasikan Pemilu 2024 Damai

18 Desember 2023 04:30 WIB
Ribuan Jawara Banten Deklarasikan Pemilu 2024 Damai
Para pesilat dari berbagai perguruan atau yang disebut jawara, sedang memperlihatkan keahlian mereka sebelum mendeklaradikan Pemilu 2024 damai. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Serang: Sekitar 30 ribu jawara dari 24 perguruan silat di Banten mendeklarasikan Pemilu 2024 berjalan kondusif damai dan aman. Deklarasi tersebut dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Polda Banten, di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Minggu (17/12/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, pihaknya mengajak perguruan silat dan para jawara turut menjaga stabilitas daerah menghadapi Pemilu 2024. “Agenda ini mendukung situasi yang mencerminkan untuk kondusif damai dan aman," ujarnya.

Menurut Al Muktabar, kegiatan berkumpulnya ratusan perguruan silat merupakan upaya mengangkat budaya dan sejarah Banten. Di mana hal tersebut mampu memperkuat gotong-royong  yang bersatu-padu dalam menyongsong demokrasi.

“Banten tentunya memiliki budaya yang tinggi. Kita memiliki ribuan jawara serta Pendekar, dan itu sangat penting dalam rangka partisipasi masyarakat di Provinsi Banten,” ucapnya.

Diketahui, ribuan pesilat dari berbagai perguruan di Banten berkumpul memamerkan keahliannya memainkan senjata tajam golok di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang. Mereka berkumpul dalam acara Tapak Karuhun Banten Jilid 2, dengan tema "Spirit of Banten Culture" sekaligus deklarasi damai menghadapi Pemilu 2024.

Peserta yang hadir mencapai lebih dari 30 ribu pesilat dari 24 paguron (perguruan silat, red) di Banten. Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Polda Banten. 

"Kita berharap ada peran serta komunitas jawara ini untuk mengawal Pemilu 2024 damai," kata Pembina Paguyuban Peguron, Brigjen Pol Nunung Syaifuddin.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI