RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu Minta Partisipasi Masyarakat Awasi Tahapan Pemilu

Bawaslu Minta Partisipasi Masyarakat Awasi Tahapan Pemilu

18 Desember 2023 10:36 WIB
Bawaslu Minta Partisipasi Masyarakat Awasi Tahapan Pemilu
Kegiatan Bawaslu on Car Freeday di Jalan MH Thamrin, Minggu (17/12/2023). (Foto: Humas Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Bawaslu RI pada Minggu (17/12/2023) kemarin, menggelar acara 'Bawaslu on Car Free Day'. Merespon kegiatan tersebut, Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan, acara itu bertujuan memberikan informasi publik terkait proses Pemilu 2024.

"Termasuk bagaimana partisipasi masyarakat dibutuhkan untuk mengawasi tahapan-tahapan pemilu yang sedang berjalan. Dalam hal ini berarti tahapan kampanye yang saat ini berjalan," kata Lolly dalam keterangan persnya, Senin (18/12/2023).

Lolly mengharapkan, dari kegiatan Bawaslu tersebut semakin banyak masyarakat yang sadar, bergerak untuk melakukan pengawasan pemilu. Maka kualitas pengawasan tentu akan menjadi semakin baik.

"Karena seperti tagline Bawaslu, 'Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu'. Rakyat punya tanggungjawab untuk melakukan pengawasan secara partisipatif," ucap Lolly.

Oleh sebab itu, Lolly mendorong, masyarakat tidak sungkan dan takut untuk melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu 2024. Masyarakat dapat melaporkannya, di kantor Bawaslu di seluruh Indonesia.

"Kalau menemukan dugaan pelanggaran nggak usah ragu, laporakan ke Bawaslu. Sasaran spesifiknya, mereka jadi tau apa saja yang boleh dan tidak boleh selama masa kampanye," ujar Lolly.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI