RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu Ingatkan Masyarakat 'Aware' Terhadap Hak Suara Pemilu

Bawaslu Ingatkan Masyarakat 'Aware' Terhadap Hak Suara Pemilu

18 Desember 2023 11:14 WIB
Bawaslu Ingatkan Masyarakat 'Aware' Terhadap Hak Suara Pemilu
Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty di acara 'Bawaslu on Car Free Day', di Jakarta, Minggu (17/12/2023). (Foto: Humas Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Bawaslu RI mengingatkan, masyarakat harus aware terhadap jaminan hak suara pada Pemilu 2024. Oleh sebab itu, para pemilih yang masuk DPT Pemilu 2024 harus memastikan dirinya benar-benar terdaftar.

"Sehingga nanti saat hari H (nyoblos Pemilu 2024) tidak kehilangan suara. Mereka juga kemudian berani melaporkan kalau menemukan dugaan pelanggaran pemilu," kata Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty dalam keterangan persnya, Senin (18/12/2023).

Lolly mengaku, banyak masyarakat melakukan tagging kepada Bawaslu terkait dugaan pelanggaran Pemilu 2024 di medsos. Bawaslu diakuinya, langsung merespon cepat dengan melakukan penelusuran mendalam terhadap akun-akun medsos yang diduga melakukan pelanggaran.

"Bawaslu harus melakukan penelusuran, seringkali pada prosesnya adalah yang di tag ke Bawaslu sumbernya tidak jelas. Begitu dilakukan penelusuran dia sulit sekali," ucap Lolly.

Dalam menyikapi persoalan tersebut, Lolly mengharapkan, Bawaslu konsisten blusukan di jalannan. Semua itu, demi mewujudkan Pemilu 2024 jujur, adil, dan rahasia.

"Harapan kami dengan setiap akhir pekan Bawaslu hadir di jalanan, bertemu dengan seluruh lapisan masyarakat. Mereka akan semakin terhubung dan tau cara melaporkan saat menemukan dugaan pelanggaran," ujar Lolly.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI