RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sespri Prabowo Subianto Tertangkap Kamera, Begini Tanggapan Bawaslu

Sespri Prabowo Subianto Tertangkap Kamera, Begini Tanggapan Bawaslu

18 Desember 2023 11:34 WIB
Sespri Prabowo Subianto Tertangkap Kamera, Begini Tanggapan Bawaslu
Foto viral di Twitter (X) yang memperlihatkan Mayor TNI Teddy Indra Wijaya di acara debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, pada Selasa (12/12/2023). Bawaslu mengakui, sedang melakukan penelusuran dugaan pelanggaran pemilu terkait netralitas Teddy selaku anggota TNI aktif (Foto: akun Twitter @UmarSyadatHsb_)

KBRN, Jakarta: Bawaslu RI merespon, foto viral Asisten Pribadi (Sespri) Capres Prabowo Subianto, yakni Mayor TNI Teddy Indra Wijaya. Teddy selaku TNI aktif, tertangkap kamera mengikuti acara debat perdana capres-cawapres pada Selasa (12/12/2023) lalu.

Bawaslu mengingatkan, jajaran TNI dan Polri sesuai UU Pemilu tidak boleh terlibat aktif dalam masa kampanye Pemilu 2024. Oleh sebab itu, Bawaslu mengakui, sedang melakukan penelusuran dugaan pelanggaran pemilu terkait netralitas Teddy.

"Sedang melakukan pembahasan di internal, pekan ini kami sampaikan kepada publik. Karena, memang banyak hal ya, masyarakat sudah nge-tag (medsos) ke Bawaslu," kata Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty dalam keterangan persnya, Senin (18/12/2023).

Dalam memproses dugaan pelanggaran Mayor Teddy tersebut, Lolly mengaku, Bawaslu merujuk pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Karena, dalam UU tersebut, juga tercantum undang-undang hukum lainnya.

"Nanti akan disampaikan secara official oleh Bawaslu. Kalau soal netralitas ASN, TNI-Polri itukan udah nggak bisa diragukan lagi," ucap Lolly.

Kemudian, Lolly menjelaskan, netralitas ASN, TNI, dan Polri sudah termaktub dalam berbagai undang-undang. Seperti UU Pemilu, UU Polri, UU TNI, dan UU ASN.

"Nah dalam konteks ini nanti kita akan sampaikan. Karena kajian sedang kami lakukan, jadi sabar, nanti kita sampaikan," ujar Lolly.

Teddy mendadak jadi sorotan saat dirinya menghadiri debat perdana capres pada Selasa (12/12/2023). Teddy tampak menganakan pakaian warna biru muda sesuai dengan atribut paslon nomor urut 2 tersebut.

Hal ini pertama kali diungkap oleh pemilik akun X @UmarSyadatHsb__. Diketahui, Teddy sendiri masih menjadi TNI aktif.

“Halo Bawaslu RI, Teddy ini adalah TNI aktif kenapa dia ikut dalam barisan tim prabowo?. Kenapa kalian nggak tegur orang ini,” ujarnya di X mengutip Minggu (17/12/2023).

 Umar juga meminta penjelasan KPU RI terkait boleh tidaknya TNI aktif masuk ke Timses Capres. “Emang boleh TNI aktif masuk dalam lingkaran timses prabowo gini? tolong kalian jelaskan,” ucap akun tersebut.


Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI