RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemerhati Sebut Pemilih 'Galau' Inginkan Ide Rasional Capres-Cawapres

Pemerhati Sebut Pemilih 'Galau' Inginkan Ide Rasional Capres-Cawapres

18 Desember 2023 12:20 WIB
Pemerhati Sebut Pemilih 'Galau' Inginkan Ide Rasional Capres-Cawapres
Pengamat Politik BRIN, Wasisto Raharjo Jati (kanan) pada perbincangan dengan RRI Pro 3, Senin (18/12/2023) (Foto: RRI NET)

KBRN, Jakarta: Calon pemilih yang belum menentukan pilihannya (undecided voters) diyakini menginginkan ide rasional dari tiga pasangan capres-cawapres. Demikian disampaikan pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati, Senin (18/12/2023).

Pada perbincangan dengan RRI Pro 3, Wasisto mengatakan para pemilih 'galau' itu rata-rata memiliki kepentingan soal kesejahteraan. "Sehingga mereka masih menunggu sosok yang tepat untuk mewakili kepentingannya," ujarnya. 

Menurut Wasisto, undecided and swing voters ini tidak memiliki afiliasi politik tertentu. Sehingga, mereka awam terhadap kondisi politik pada masa kampanye Pemilu 2024 ini.

"Mereka tidak punya bayangan sama sekali terhadap hiruk-pikuk politik saat ini," ujarnya. Wasisto menambahkan mereka hanya mengetahui soal itu dari informasi media maupun pembicaraan kanan-kiri. 

Dia lalu mengutip hasil survei Litbang Harian Kompas yang menyatakan 30 persen pemilih masih bimbang menentukan pilihannya. "Posisi mereka sangat strategis bagi para pasangan capres-cawapres untuk meraih ceruk suara pemilih galau ini,' ujarnya.​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI