TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bantah Isu Penghapusan Bansos, TPN Ganjar-Mahfud: KTP Sakti Permudah Masyarakat Peroleh Bantuan Pemerintah

Bantah Isu Penghapusan Bansos, TPN Ganjar-Mahfud: KTP Sakti Permudah Masyarakat Peroleh Bantuan Pemerintah

18 Desember 2023 20:21 WIB
Bantah Isu Penghapusan Bansos, TPN Ganjar-Mahfud: KTP Sakti Permudah Masyarakat Peroleh Bantuan Pemerintah
Bantah Isu Penghapusan Bansos, TPN Ganjar-Mahfud: KTP Sakti Permudah Masyarakat Peroleh Bantuan Pemerintah

TVRINews, Jakarta
Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Karaniya Dharmasaputra mengklarifikasi gerakan kampanye hitam yang secara masif beredar di akar rumput terkait Paslon nomor 3, Ganjar-Mahfud akan meniadakan dan tidak melanjutkan program Bantuan Sosial era Presiden Joko Widodo itu merupakan kabar bohong dan tidak benar.

“Isu yang dihembuskan itu sama sekali tidak benar. Kami tegaskan, justru Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan meluncurkan ‘KTP Sakti’ untuk melanjutkan, memperbaiki, serta menuntaskan program-program bantuan sosial era Presiden Jokowi,” kata Karaniya dalam konferensi pers di Media Lounge TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta, Senin, 18 Desember 2023.

Karaniya menjelaskan, KTP Sakti memiliki makna ‘Satu Kartu Terpadu Indonesia’ dengan pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sehingga di dompet tak penuh dengan berbagai kartu. Cukup menggunakan KTP, sehingga memudahkan akses ke banyak program bantuan pemerintah.

Ia pun menekankan, bahwa KTP Sakti didesain untuk melanjutkan sekaligus memperbaiki dan memperluas program bantuan sosial, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih baik dan latar belakang pada masyarakat yang membutuhkan. 

Karaniya memaparkan pengalaman langsung saat pemerintah dan beberapa perusahaan teknologi bergotong-royong membangun program Kartu Prakerja yang juga akan termaktub dalam program KTP Sakti. 

“Selain beasiswa pelatihan, Prakerja juga mencakup program bantuan sosial di dalamnya dengan memanfaatkan teknologi digital. Ini contoh yang baik mengatasi distorsi dan bias yang kerap terjadi saat distribusi bansos,” ucap Karaniya.

Dengan penerapan teknologi dalam KTP Sakti nanti, maka bantuan tak akan melewati perantara siapapun. 

“Tanpa perantara, seseorang bisa langsung mendaftarkan dan menerima bantuan tanpa dipotong serupiah pun. Di sinilah Ganjar dan Mahfud akan melakukan ekspansi dengan KTP Sakti, yaitu program digitalisasi bansos memanfaatkan teknologi internet,” tuturnya.

Baca Juga: Sat Set KTP Sakti Ganjar-Mahfud Perluas Penerimaan Program Bansos

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI