TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Dorong Partisipasi Aktif Pada Pemilih Pilpres 2024

Anies Dorong Partisipasi Aktif Pada Pemilih Pilpres 2024

18 Desember 2023 21:44 WIB
Anies Dorong Partisipasi Aktif Pada Pemilih Pilpres 2024
Anies Dorong Partisipasi Aktif Pada Pemilih Pilpres 2024

TVRINews, Sumsel

Calon Presiden dengan nomor urut 1, Anies Baswedan menerangkan pentingnya partisipasi aktif dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 dan mengajak masyarakat untuk menolak sia-siakan kesempatan dalam memilih.

Pernyataan itu disampaikan oleh Anies saat berkampanye di Kota Lubuklingau, Sumatera Selatan pada hari Senin, 18 Desember 2023.

"Saya ingin minta kepada anda untuk jangan sia-siakan kesempatan untuk memilih jangan disia-siakan kesempatan itu," kata Anies dalam keterangan yang diterima oleh tvrinews.com, Senin, 18 Desember 2023.

Kemudian, Anies menyoroti dampak negatif dari tidak memilih. Ia menjelaskan bahwa setiap suara memiliki pengaruh dalam menentukan arah masa depan yang diinginkan oleh rakyat.

"Pemilu adalah tentang masa depan, pilpres adalah tentang masa depan, dan anak muda selalu bicara masa depan, karena anak muda pemilik masa depan," ujarnya.

Lebih lanjut, Anies menyebutkan bahwa dengan angka partisipasi yang rendah, suara setiap individu menjadi semakin berharga.

"Karena ketika anda tidak memilih maka tidak ada pengaruhnya, sebutlah yang ikut pemilu hanya 40 persen. Maka hasilnya ditentukan oleh 40%, yang 60% tidak hadir itu tidak kemudian membuat pemilunya jadi batal tidak. Tidak berpengaruh sama sekali. Jadi manfaatkan," tuturnya.

Maka dari itu, Anies mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih yang rasional, dengan membandingkan para kandidat.

"Saya ingin ajak para teman-teman untuk menentukan pilihan. pilihannya cuma 3. Tinggal tentukan saja. dan saya berharap pada teman-teman semua jadilah pemilih yang rasional. rasional itu artinya apa? (masuk akal). bukan. bukan masuk akal. rasional itu rasio. rasio itu artinya perbandingan," ucapnya.

Baca Juga: Cak Imin: Tak Apa Terima Sogokan, Tapi Jangan Ikuti Kemauannya!

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI