RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Alfito Deannova Gintings Salah Satu Moderator Debat Cawapres

Alfito Deannova Gintings Salah Satu Moderator Debat Cawapres

18 Desember 2023 22:25 WIB
Alfito Deannova Gintings Salah Satu Moderator Debat Cawapres
Alfito Deannova Gintings, salah satu moderator di Debat Cawapres. (Foto: Tangkapan layar instagram Alfito Deannova Gintings)

KBRN, Jakarta: Alfito Deannova Gintings ditunjuk menjadi salah satu moderator yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tepatnya untuk Debat Cawapres di Pilpres 2024. 

Alfito Deannova lahir di Jakarta, 17 September 1976 dan dikenal sebagai Pemimpin Redaksi di sebuah media online. Sebelumnya, Alfito merupakan pembawa acara berita di televisi. 

Alvito merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Indonesia. Selain itu, ia telah menyelesaikan jenjang S2 pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. 

Semasa kuliah, Alfito sudah menjadi penyiar di Radio Suara Kejayaan 101,6 FM pada 1996. Ia memulai kariernya di dunia jurnalistik pada program berita.

Alvito juga sempat bergabung dengan SCTV pada 2000 dalam program berita liputan 6. Kemudian, pindah ke Lativi yang kini menjadi tvOne pada 2007.

Di tvOne, Alfito mengikuti Karni Ilyas untuk menjadikan tvOne sebagai tv berita. Alfito juga membawakan acara sendiri yang berjudul Alfito Show, di tvOne.

Setelah 8 tahun berkarier di tvOne, Alfito bergabung bersama CNN Indonesia pada 2015. Alfito kemudian mendapatkan posisi sebagai Direktur CNN Indonesia (anak usaha CT Group).

Rupanya, Alfito juga pernah menjadi moderator debat pada Pemilu 2019 lalu. Saat itu, KPU RI sepakat Alfito Deannova bersama Putri Ayuningtyas sebagai moderator Debat Cawapres 2019.

Debat Capres itu digelar 17 Maret 2019 di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat. Ia juga merupakan sosok independen dan tidak memiliki kecenderungan pada salah satu Paslon.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Beri
Sumber: RRI