RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Solo Technopark Prestasi Gibran Dorong Inovasi dan Kewirausahaan

Solo Technopark Prestasi Gibran Dorong Inovasi dan Kewirausahaan

18 Desember 2023 23:40 WIB
Solo Technopark Prestasi Gibran Dorong Inovasi dan Kewirausahaan
Menko Perekonomian Airlanggan Hartarto dan Gibran Rakabuming Raka meresikan Solo Teckno Park. (Foto: Saadatuddaraen)

KBRN, Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka telah menorehkan prestasi mengagumkan dikancah nasional terkait Solo Technopark. Lembaga ini berhasil masuk ke dalam jajaran 15 besar dalam acara Inkubasi Award 2023, Kementerian Koperasi dan UKM.

Siti Azizah, Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKop UKM mengatakan, pentingnya lembaga inkubator dalam strategi nasional. Hal itu untuk mengembangkan wirausaha dan startup.

Dia menjelaskan, program inovatif seperti Smeska, Solocorn, dan SHINE Talk yang dijalankan oleh Solo Technopark. Ini telah dirancang untuk memberikan pelatihan dan bimbingan efektif bagi startup dan UMKM.

“Salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing SDM (Sumber Daya Manusia, Red) adalah dengan menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inklusif untuk pemuda. Dan strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai target pertumbuhan wirausaha baru dan start-up yaitu melalui lembaga inkubator,” ujarnya, Senin (18/12/2023).

Pengembangan Solo hasil prestasi Gibran, Technopark, yang diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menunjukkan komitmen transformasi digital dan pengembangan SDM. Airlangga berharap, Solo Technopark menjadi katalisator pertumbuhan startup baru di Indonesia dan memperkuat kolaborasi lintas sektor.

Gibran Rakabuming Raka menyatakan, dalam pembukaan resmi Solo Technopark bila fasilitas ini adalah ruang kolaborasi vital untuk melahirkan wirausaha baru. Dengan fokus pada sains dan teknologi.

"Harapan saya, Solo Technopark dapat mendorong transformasi digital yang lebih luas di Indonesia. Termasuk pengenalan AI, Metaverse, AR/VR, dan robotik," katanya.

Kolaborasi antara pemerintah dan swasta di Solo Technopark, melibatkan mitra seperti Shopee, Bank Mandiri, SKK Migas dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, telah membuktikan keefektifan upaya ini. Dalam meraih Grade A dari 300 peserta Inkubasi Award 2023 adalah bukti nyata dari kemajuan dalam ekosistem startup dan ekonomi digital di Indonesia.

“Para anak muda Kota Solo bisa mengembangkan skill dan kemampuan di sini (Solo Technopark, Red). Ada meeting room para anak muda dari kampus UNS, ISI maupun Akademi Tekstil dan mahasiswa lainnya bisa berkumpul menyalurkan ide dan kreativitas,” ucap Gibran.

Prestasi ini tidak hanya mencerminkan kualitas lembaga, tapi juga langkah signifikan dalam mempromosikan inkubator berkualitas tinggi di Indonesia. Solo Technopark tidak terlepas dari kebijakan progresif Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Berkat kebijakannya, Solo Technopark berhasil menarik perhatian lebih dari 300 lembaga inkubator se-Indonesia. Inisiatif ini adalah bagian dari upaya menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inklusif bagi pemuda, dengan fokus pengembangan usaha berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Bara
Sumber: RRI