RRI

KPU DKI Rekrut Ratusan Ribu Petugas KPPS

19 Desember 2023 09:12 WIB
KPU DKI Rekrut Ratusan Ribu Petugas KPPS
Ketua KPUD DKI Jakarta Wahyu Dinata saat memberikan sambutan dalam acara bertema 'Peran Media dalam Menyukseskan Pemilu 2024' di Bogor, Jawa Barat, Senin (18/12/2023) (Foto: RRI/Bunaiya Fauzi Arubone).

KBRN, Jakarta: KPUD DKI Jakarta tengah melakukan rekrutmen terhadap ratusan ribu petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Ketua KPUD DKI Jakarta Wahyu Dinata mengatakan, proses perekrutan dilakukan sejak tanggal 11, hingga 20 Desember 2023.

"Rekrutmen KPPS ini bagian dari upaya kita untuk mengawal Pemilu 2024. Karena KPPS itu adalah garda terdepan kita dalam melaksanakan Pemilu," katanya di Bogor, Jawa Barat, Senin (18/12/2023). 

Wahyu mengatakan, untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI. "Kami menggratiskan proses cek kesehatan untuk para calon KPPS," ujar Wahyu. 

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Dody Wijaya menjelaskan, pihaknya butuh sekitar 215 petugas KPPS. Ratusan ribu petugas KPPS itu akan ditempatkan di 30.766 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Dody menekankan, semua petugas KPPS harus memenuhi standar, baik dari segi kesehatan, maupun kemampuan teknis. "Masing-masing TPS ada 7 petugas KPPS," ucap Dody.



Pewarta: Bunaiya
Editor: Mosita
Sumber: RRI