TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kominfo: Hoaks Pemilu Menurunkan Kualitas Demokrasi

Kominfo: Hoaks Pemilu Menurunkan Kualitas Demokrasi

19 Desember 2023 09:58 WIB
Kominfo: Hoaks Pemilu Menurunkan Kualitas Demokrasi
Kominfo: Hoaks Pemilu Menurunkan Kualitas Demokrasi

TVRINews, Jakarta

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengingatkan, masyarakat untuk tidak terjebak dan terpapar informasi palsu atau hoaks terkait Pemilu 2024.

Menurut Budi, hoaks tentang Pemilu dapat menurunkan kualitas demokrasi dan berpotensi memecah belah persatuan bangsa.

"Bahwa hoaks Pemilu merupakan salah satu bentuk information disorder, tidak hanya menurunkan kualitas demokrasi, tapi juga berpotensi memecah belah persatuan," kata Budi Arie dalam keterangan tertulis yang diterima tvrinews.com, Selasa, 19 Desember 2023.

Budi Arie menambahkan, hoaks Pemilu juga berpotensi menimbulkan distrust atau ketidakpercayaan antarwarga bangsa. Padahal seharusnya, Pemilu merupakan pesta demokrasi yang dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat.

"Akibatnya Pemilu yang harusnya menjadi pesta demokrasi dapat terkikis integritasnya serta menimbulkan distrust atau ketidakpercayaan antarwarga bangsa," ucap Budi Arie.

Kemenkominfo terus berupaya mencegah, menekan, serta memberantas hoaks yang beredar selama Pemilu 2024. Satu di antaranya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahayanya hoaks Pemilu.

Budi menyebut, ada cara mudah yang bisa dilakukan masyarakat agar tidak mudah terpapar dan terpengaruh hoaks Pemilu. Misalnya dengan memverifikasi suatu informasi lewat sumber terpercaya.

"Langkah untuk memberatas hoaks Pemilu peningkatan kesadaran masyarakat tentang bahaya hoaks Pemilu dan pentingnya memverifikasi informasi dan sumber yang dapat dipercaya," ucap Budi Arie.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menyebarkan pesan "Pemilu Damai" ke setiap smartphone masyarakat pada pertengahan Desember 2023 nanti. Hal ini merupakan upaya mengingatkan masyarakat untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan menciptakan suasana pemilu yang damai dan berintegritas.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengatakan, Kominfo telah melakukan sejumlah upaya untuk membangun kesadaran dan semangat damai dalam menyambut Pemilu 2024.

Baca Juga: Gus Iqdam Ajak Siti Atikoh Bertemu Keluarga, Titipkan Sarung untuk Ganjar Pranowo

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI