RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Pastikan Format Debat Cawapres Sama seperti Capres

KPU Pastikan Format Debat Cawapres Sama seperti Capres

19 Desember 2023 12:00 WIB
KPU Pastikan Format Debat Cawapres Sama seperti Capres
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat melakukan wawancara dengan awak media, di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: RRI.co.id/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari memastikan, format debat capres-cawapres kedua pada 22 Desember 2023 tidak berubah. Format debat kedua untuk cawapres, sama persis dengan debat pertama capres.

"Pada debat yang pertama, debat capres nanti format debatnya persis seperti itu. Jadi ada enam segmen (pada debat cawapres)," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Selasa (19/12/2023).

Hasyim membeberkan, penyelenggaraan debat perdana untuk cawapres diselenggarakan pada 22 Desember 2023 di Jakarta Convension Center (JCC). Debat cawapres tersebut, akan dimulai sejak pukul 19.00 WIB.

"Segmen pertama adalah penyampaian visi-misi, program kerja oleh masing-masing cawapres. Segmen kedua dan segmen ketiga nanti akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis," kata Hasyim, menjelaskan.

Hasyim menjelaskan, nantinya seluruh daftar pertanyaan panelis akan dibacakan oleh moderator kepada cawapres. Kemudian, pada segmen keempat dan kelima, masing-masing cawapres diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

"Pertanyaan diberikan kepada masing-masing cawapres yang lain, dan juga masing-masing cawapres diberi kesempatan menjawab pertanyaan-pertanyaanya masing-masing cawapres. Persis seperti kitaa melaksanakan debat capres yang pertama," ujar Hasyim

Sementara pada segmen keenam, para cawapres diberikan kesempatan memberikan pernyataan pamungkas. "Segmen terakhir segmen keenam nanti clossing statement, sebagai kesimpulan dari masing-masing cawapres tentang topik (debat)," ucap Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI