RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Pastikan Durasi Debat Waktu Cawapres 150 Menit

KPU Pastikan Durasi Debat Waktu Cawapres 150 Menit

19 Desember 2023 13:50 WIB
KPU Pastikan Durasi Debat Waktu Cawapres 150 Menit
Suasana debat capres-cawapres perdana Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan, durasi waktu debat kedua untuk cawapres yakni 150 menit. Total durasi waktu tersebut, sama persis saat debat perdana capres.

Dia menjelaskan, dari 150 menit itu sebanyak durasi 120 menit dilakukan khusus untuk debat cawapres. Kemudian, 30 menit untuk waktu durasi penayangan iklan.

"Debat-nya 120 menit dengan enam segmen seperti yang kami sampaikan tadi, jadi durasinya sama persis (debat capres). Seperti, ketika diajukan pertanyaan oleh panelis, maka cawapres diberikan kesempatan menjawab sekitar dua menit," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Selasa (19/12/2023).

Saat mengajukan pertanyaan dari salah satu cawapres, Hasyim menjelaskan, masing-masing cawapres lainnya juga diberikan kesempatan menjawab dua menit. Kemudian, masing-masing cawapres yang tidak diajukan pertanyaan, diberikan kesempatan mendalami pertanyaan masing-masing cawapres.

"Bentuk pendalaman masing-masing satu menit. kemudian cawapres yang diajukan pertanyaan tadi, kesempatannya adalah menjawab respon atau pertanyaan dari masing-masing cawapres," kata  Hasyim, menjelaskan.

Selama merespon pertanyaan, Hasyim menegaskan, masing-masing cawapres diberi waktu selama dua menit. "Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, diberlakukan seterusnya sampai dengan debat yang kelima (terakhir)," ujar Hasyim.


Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI