TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ganjar Minta Lulusan Muda Bisa Optimalkan Potensi Perguruan Tinggi Hadapi Bonus Demografi

Ganjar Minta Lulusan Muda Bisa Optimalkan Potensi Perguruan Tinggi Hadapi Bonus Demografi

19 Desember 2023 15:33 WIB
Ganjar Minta Lulusan Muda Bisa Optimalkan Potensi Perguruan Tinggi Hadapi Bonus Demografi
Ganjar Minta Lulusan Muda Bisa Optimalkan Potensi Perguruan Tinggi Hadapi Bonus Demografi

TVRINews, Yogyakarta

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menghadiri perayaan puncak perayaan Dies Natalis yang ke-74 Universitas Gadjah Mada (UGM) di Graha Sabha Pramana UGM, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Selasa, 19 Desember 2023.

Pada kesempatan tersebut, dalam pidatonya Ganjar membahas tentang perkembangan dan kemajuan dunia secara keseluruhan, termasuk dalam bidang pendidikan. 

Ganjar yang merupakan alumni Fakultas Hukum UGM, menekankan bahwa perguruan tinggi memiliki peran yang strategis dalam mentransformasikan bangsa Indonesia.

"Selamat ulang tahun untuk UGM ke-74. Bagaimana kemudian masyarakat Indonesia bertransformasi dan perguruan tinggi menempatkan posisinya dalam dirinya yang sangat strategis," ujar Ganjar di UGM.

Kemudian, Ganjar menerangkan jika saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan yang besar dalam hal bonus demografi. 

“Dengan adanya tantangan yang besar dalam hal bonus demografi ini, saya tekankan kepada semua untuk dapat berperan aktif dalam menangkap dan menjawab tantangan tersebut,” terang dia.

Menurut Ganjar, perguruan tinggi memainkan peran penting dalam membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia yang bersifat sektoral.

Kemudian, Ganjar menegaskan bahwa salah satu hal penting dalam mencapai Indonesia Emas 2045 adalah peranan yang dimiliki oleh perguruan tinggi, untuk menyiapkan sistem pendidikan yang terbaik, sehingga mampu melahirkan generasi anak bangsa yang unggul dan berkualitas.

"Konteksnya merespons bonus demografi dengan segala kecanggihannya, artinya perguruan tinggi dan lembaga riset memang wajib diberikan penugasan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sektoral agar cita-cita di 2045 tercapai," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Indonesia sedang memasuki masa sebagai bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih banyak daripada penduduk usia nonproduktif (65 tahun ke atas). Lebih dari 60 persen dari total jumlah penduduk Indonesia dikategorikan sebagai usia produktif.

Maka dari itu, Ganjar mengajukan permintaan agar potensi ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh semua pihak. Terutama oleh lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI