RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Pastikan Debat Kedua Cawapres Terdapat Podium

KPU Pastikan Debat Kedua Cawapres Terdapat Podium

19 Desember 2023 18:25 WIB
KPU Pastikan Debat Kedua Cawapres Terdapat Podium
Suasana debat perdana tiga Capres di Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: KPU telah mengevaluasi beberapa catatan perihal penyelenggaraan Debat Capres-cawapres Pilpres 2024. Salah satunya, KPU bersama penyelenggara debat dan timses Paslon sepakat tentang adanya podium.

Pada debat kedua untuk Cawapres, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan agar disediakan podium. Sebagai sarana untuk tampil dari masing-masing Capres maupun Cawapres dalam debat.

"Mulai debat kedua sampai terakhir (kelima), masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana. Untuk Cawapres maupun Capres, kemarin (debat pertama) kan tidak ada podium, nanti akan pakai podium," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Selasa (19/12/2023).

Dari segi durasi waktu Debat Capres-cawapres, Hasyim menegaskan persoalan itu sudah sesuai sejak awal. Meski diakuinya, masih terdapat catatan seperti kesannya pembahasan isu debat kurang mendalam.

"Waktunya sangat singkat, tapi dengan begitu semua punya kesempatan untuk menjawab atau merespons pertanyaan. Baik yang diajukan oleh panelis maupun yang diajukan dari masing-masing Capres atau Cawapresnya," ucap Hasyim.

Sehingga, menurut Hasyim, kesempatannya lebih banyak untuk masing-masing Capres-cawapres. Walaupun, bisa dikatakan kurang mendalam saat mendalami tema debat.

"Karena kan cakupan tema yang diajukan itu lebih banyak ya. Ada enam sub tema dari setiap kali penampilan," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Beri
Sumber: RRI