RRI

Hadapi Debat, Mahfud Belajar Kilat soal Ekonomi

20 Desember 2023 01:00 WIB
Hadapi Debat, Mahfud Belajar Kilat soal Ekonomi
Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo menyatakan bila Mahfud MD tekah belajar bersama tim khusus ekonomi menghadapi debat cawapres. (Foto:RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Jakarta: Calon Presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo yakin Mahfud MD bisa memberikan penampilan terbaiknya pada debat Cawapres 22 Desember mendatang. Pasalnya, rekan duetnya itu sudah belajar bersama tim khusus.

“Ada tim ekonomi kita yang sudah menyiapkan beberapa materi. Pak Mahfud orangnya 'humble', sangat smart, memahami persoalan cukup mudah. Bukan berarti nggak punya pengalaman, karena beliau adalah orang yang belajarnya sangat cepat,” ujar Ganjar, Selasa (19/12/2023).

“Sehingga beberapa konsepsi bisa disampaikan dan akan beliau umumkan, langsung kasih dong masukan-masukan yang sifatnya bagus. Ada ekonomi yang makronya, mungkin anggarannya, beliau pernah di legislatif, eksekutif, yudikatif. Rasanya tidak sulit, beliau jauh lebih siap,” sambung Ganjar.

Dalam debat besok, lanjutnya, Mahfud MD juga akan menyampaikan pikirannya bahwa pembangunan infrastruktur harus dilakukan merata. “Inklusivitasnya mesti dibangun dan tidak boleh ada yang terabaikan. Pemerataan yang hari ini kita menjadi prioritas,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar menambahkan, Mahfud MD juga akan dibekali aspirasi dari masyarakat yang diterima selama blusukan. “Stabilisasi butuh instrumen termasuk perdagangan antar daerah, terutama pasokannya terjamin,” tukasnya.

“Dan sebenarnya saya punya pengalaman sedikit soal itu. Aplikasi sistem informasi komoditi kerja sama dengan BI itu cukup bisa membantu bahkan kita punya data sampai provinsi ya, tugas kita mendisiplinkan input data agar selalu 'up to date', itu yang ada," sambungnya.

Diketahui, debat cawapre dijadwalkan pada 22 Desember 2023. Sedangkan tema yang diusung, ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Pessy
Sumber: RRI