RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mahfud Ingatkan PMI Tidak Golput pada Pemilu 2024

Mahfud Ingatkan PMI Tidak Golput pada Pemilu 2024

21 Desember 2023 08:51 WIB
Mahfud Ingatkan PMI Tidak Golput pada Pemilu 2024
Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD saat berpidato di acara Peringatan Hari Migran Sedunia, di Beji, Depok, Rabu (20/12/2023). (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)

KBRN, Jakarta: Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD mengingatkan, Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk tidak golput pada Pemilu 2024. PMI harus memiliki kesadaran, dalam menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Silahkan mengggunakan hak pilih, pilih di antara tiga pasang itu yang peduli terhadap pekerja migran. Pemilu merupakan momen memilih kandidat yang dianggap peduli terhadap pekerja migran,” kata Mahfud saat menghadiri Peringatan Hari Migran Sedunia, di Beji, Depok, Rabu (20/12/2023).

Menkopolhukam ini mengungkapkan, hak pilih PMI dijamin dan dilindungi undang-undang. Mereka berhak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu.

Oleh sebab itu, Mahfud menyaranakan, para PMI melapor kepada pihak berwenang jika ada yang menghalang-halangi. “Tidak boleh ada upaya-upaya menghalangi PMI dalam melaksanakan haknya tersebut," ucap Mahfud.

Indonesia, menurut Mahfud, menerapkan prinsip pemilu yang inklusif. Karenanya, setiap kali pemilu pemerintah memfasilitasi dan membentuk Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Kehadiran PPLN, Mahfud berharap, mempermudah PMI melakukan pencoblosan ketika di luar negeri. "Dengan adanya PPLN ini PMi bisa memilih dengan mudah," ujar Mahfud.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI