RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Baswedan: Dana Kampanye Pilpres AMIN Gotong-royong Masyarakat

Anies Baswedan: Dana Kampanye Pilpres AMIN Gotong-royong Masyarakat

21 Desember 2023 10:25 WIB
Anies Baswedan: Dana Kampanye Pilpres AMIN Gotong-royong Masyarakat
Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan saat ditemui di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/12/2023) malam. Foto: Ryan Suryadi / RRI

KBRN, Jakarta: Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan, para pendukung AMIN terus melakukan gotong royong mengumpulkan dana kampanye. Ia menyebut upaya itu sebagai gerakan rakyat. 

"Ini memang di mana-mana teman-teman bergerak patungan. Patungan betul-betul iuran di mana-mana jadi inilah gerakan rakyat," kata Anies lewat keterangannya, Kamis (21/12/2023). 

Anies mengklaim banyak pendukung AMIN yang secara sukarela menyiapkan spanduk dan baliho sebagai bentuk dukungan tulus mereka. Ia berharap dana kampanye dirinya bersama Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pilpres 2024 terus bertambah.

Anies mengaku gerakan itu membuat dirinya semakin bersemangat dalam melakukan kampanye dalam kontestasi Pilpres 2024. "Itu yang membuat kami makin bersemangat bahwa ini bukan top down tapi ini adalah gerakan yang melibatkan seluruh rakyat," ujar Anies. 

Sebelumnya, KPU telah merilis dana awal kampanye peserta Pilpres 2024. Dari ketiga paslon yang berkontestasi, pasangan AMIN tercatat memiliki dana awal kampanye paling kecil.

Jumlah dana awal kampanye pasangan calon itu tercatat hanya sebesar Rp 1 miliar yang bersumber dari paslon dengan bentuk uang.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Mosita
Sumber: RRI