TVRI

KPU Akan Sediakan Podium Untuk Debat Cawapres

21 Desember 2023 20:54 WIB
KPU Akan Sediakan Podium Untuk Debat Cawapres
KPU Akan Sediakan Podium Untuk Debat Cawapres

TVRINews, Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menyediakan podium untuk debat cawapres (calon wakil presiden) pada Jumat, 22 Desember 2023. Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan podium tersebut mereka sediakan setelah melakukan evaluasi pada pelaksanaan debat calon presiden pekan lalu.

“Sudah kita sepakati bersama. Di antaranya, semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil,” kata Hasyim di Kantor KPU RI, Kamis, 21 Desember 2023.

Penampilan capres dalam debat pekan lalu menjadi sorotan sebab masing-masing kandidat berdiri saat memaparkan visi-misi hingga tanya jawab. Format ini mendapatkan sorotan di media sosial hingga tim masing-masing calon.

Sementara untuk format debat cawapres, menurut Hasyim, KPU tidak mengubah dari format debat capres sebelumnya.

“Dan sebagaimana yang sudah kita ikuti bersama pada debat yang pertama, debat capres. Nanti format debatnya persis seperti itu, jadi ada enam segmen,” ucapnya.

Hasyim jugav menjelaskan bahwa segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, maupun program kerja dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing cawapres pada segmen keenam.

Sebagai informasi, KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI