TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ganjar Pranowo Ajak Generasi Muda Jaga Keutuhan Demokrasi

Ganjar Pranowo Ajak Generasi Muda Jaga Keutuhan Demokrasi

21 Desember 2023 22:28 WIB
Ganjar Pranowo Ajak Generasi Muda Jaga Keutuhan Demokrasi
Ganjar Pranowo Ajak Generasi Muda Jaga Keutuhan Demokrasi

TVRINews, Jakarta

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menghadiri dan memberikan pidato di hadapan anak-anak muda dalam acara Teman Cerita Festival yang diselenggarakan di DJakarta Theater, Jakarta, Kamis, 21 Desember 2023.

Ganjar memperingatkan para anak muda tentang pentingnya memiliki sikap kritis dan mempertahankan demokrasi, khususnya dalam dunia digital.

”Sebanyak 37 persen pemilih dari generasi milenial dan gen Z ini berisiko tinggi terpapar hoaks. Maka, idenya, bagaimana mereka melihat gagasan mengemuka, bagaimana memilih dan memilah dengan baik (calon pemimpin). Makanya, besok nonton debat,” kata Ganjar.

Sebagai generasi yang kritis dan cerdas, Ganjar menyarankan pada Pemilu 2024 agar para pemilih muda dan pemula dapat secara teliti melihat rekam jejak calon yang akan dipilih.

Kemudian, Ganjar mengatakan bahwa tidak hanya cukup melihat dari janji-janji manis yang disampaikan oleh calon pemimpin, tetapi juga harus dilakukan pengecekan terhadap bukti-bukti kinerja mereka melalui berbagai sumber yang dapat diakses dengan mudah.

”Misalnya, ada yang bilang Pak Ganjar saat jadi Gubernur Jawa Tengah tidak sukses, itu bisa dicek buktinya. Lihat rekam jejak, baca kembali sejarah agar ketika memilih tidak hanya konsepnya yang bagus, tetapi juga bisa dilaksanakan apa enggak,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga berpesan bahwa tidak boleh ada isu yang menimbulkan keretakan hubungan persahabatan di tengah-tengah masyarakat. Meskipun kritik diperbolehkan, namun tidak boleh menyebabkan kerusakan atau luka pada orang lain, terutama dengan menyerang identitas tertentu.

Lebih lanjut, dalam kampanye politik Pemilu 2024 ini, ia juga meminta agar segala bentuk kampanye hitam dihindari.

Meskipun demikian, Ganjar menyatakan bahwa pemilu akan menjadi penentu utama bagi Indonesia mencapai cita-cita besar, yakni melintasi jembatan emas pada 2045. Peran aktif generasi muda sangat penting dalam menentukan arah pilihan negara.

Baca Juga: Inilah 11 Panelis Debat II Untuk Cawapres di JCC Besok

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI