RRI

Alumni HMI Deklarasikan Dukungan kepada AMIN

21 Desember 2023 05:45 WIB
Alumni HMI Deklarasikan Dukungan kepada AMIN
Sejumlah anggota Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) menyatakan dukungan kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Dukungan tersebut dilakukan dengan pembentukan Majelis Nasional (MN) Pergerakan Insan Cita For AMIN di Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Sejumlah anggota Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) menyampaikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Dukungan tersebut dilakukan lewat pembentukan Majelis Nasional (MN) Pergerakan Insan Cita For AMIN di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Ketua Umum Majelis Nasional Pergerakan Insan Cita For AMIN, Zulkifli Ali mengatakan, sukarelawan ini beranggotakan alumni organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang bersepakat mendukung gagasan perubahan yang digaungkan oleh AMIN. Hal itu demi mewujudkan Indonesia adil dan makmur.

"Kami berkomitmen memenangkan pasangan calon AMIN. Karena dinilai mampu membawa perubahan untuk Indonesia lebih baik ke depan," kata Zulkifli Ali usai menyampaikan deklarasi dukungan di markas pemenangan, Jl. Pandeglang, Menteng, Jakarta Pusat.

Dewan Pembina MN Pergerakan Insan Cita For AMIN diisi deretan nama besar, seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh, Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali, Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saan Mustofa. Selain itu juga mantan Rektor Universitas Ibnu Khaldun, Musni Umar, serta Anggota DPD RI Tamsil Linrung.

Zulkifli Ali menjelaskan, setelah deklarasi secara nasional, ke depan kegiatan serupa juga dilakukan di daerah guna lebih bergerak massif untuk memenangkan AMIN. Jaringan sukarelawan diimbau menyuarakan gagasan perubahan terkait ekonomi, pendidikan, dan layanan kesehatan menuju Indonesia yang adil dan makmur.

Ia menambahkan, jaringan sukarelawan akan menyebar hingga ke tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan akan diisi oleh alumni HMI dari lintas profesi serta latar belakang. "Kami minimal satu juta dukungan dari alumni HMI bisa dihimpun dari lintas profesi," ujarnya.

Sementara, Asisten Pelatih Timnas AMIN Tamsil Linrung menegaskan, mayoritas dukungan dari keluarga besar HMI, baik dari mahasiswa dan para alumni nya, mengarah kepada pasangan AMIN. "KAHMI memang terbelah, ada yang merapat ke paslon yang lain. Tetapi teman-teman melihat bahwa mayoritas itu ke paslon 01," ucapnya.

Tamsil mengatakan bahwa keluarga besar HMI adalah kelompok yang sangat kritis. Menurutnya, deklarasi dukungan dari yang dilakukan para alumni HMI ini muncul dari kesadaran masing-masing tanpa ada unsur intervensi.

Lebih lanjut, Tamsil meyakini bahwa MN Pergerakan Insan Cita For AMIN akan memperjuangkan kemenangan AMIN di berbagai daerah. Mereka akan bersungguh-sungguh untuk berjuang mensosialisasikan Anies dan Muhaimin sampai ke tengah-tengah masyarakat di lapisan terbawah.

Tamsil mengakui bahwa alat peraga kampanye (APK) AMIN di berbagai daerah terbilang minim jika dibandingkan dengan kandidat lainnya. "APK Anies itu kurang, kalau masuk ke desa-desa tidak ada. Tetapi gagasan Anies ini luar biasa, meskipun tidak punya baliho besar tapi ada gagasan besar di balik itu," katanya menjelaskan.

Menurut Tamsil, keterbatasan pendanaan yang dimiliki AMIN bukan masalah besar. Ia menilai yang terpenting adalah dukungan masyarakat yang diberikan kepada AMIN. “Masyarakat sekarang ini menunjukkan partisipasinya," ujarnya menandaskan.

Pewarta: Syaiful Alam
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI