RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Cawapres, Begini Pengamanan dan Rekayasa Lalu Lintasnya

Debat Cawapres, Begini Pengamanan dan Rekayasa Lalu Lintasnya

22 Desember 2023 11:04 WIB
Debat Cawapres, Begini Pengamanan dan Rekayasa Lalu Lintasnya
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat memimpin apel pengamanan Debat Cawapres di Kantor KPU RI. Ia memastikan telah menyiapkan pengamanan dan rekayasa lalu lintas debat capres-cawapres kedua atau debat cawapres.(Foto: Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

KBRN, Jakarta : Sebanyak 2.464 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan acara debat ke-2 Capres-Cawapres atau khusus debat Cawapres malam ini. Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, jika debat pertama digelar di KPUU, debat kedua di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. 

“Ribuan personel yang kami terjunkan ini terdiri dari TNI-Polri hingga stakeholder terkait. Kami akan siap mengawal pelaksanaan debat Cawapres perdana,” kata Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Lebih lanjut, Susatyo mengatakan pengamanan akan dilakukan di ring dalam maupun ring luar area JCC. Untuk rekayasa lalu lintas, kata Susatyo, pihaknya masih belum memberlakukan sebab lokasi debat Cawapres berada di dalam area GBK.

“Kita sudah siapkan pengamanan di masing masing sektor dari area pintu masuk menuju Gedung JCC sampai di dalam gedung JCC. Dari awal tahapan Pemilu sampai akhir Pemilu nanti kami siap mengamankan agar semua kegiatan berjalan lancar, tertib dan aman,” ujar Susatyo.

Tak hanya itu, ia juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitaran Gelora Bung Karno jika terjadi adanya menumpukkan volume kendaraan. Kemudian, Susatyo meminta kepada jajarannya untuk selalu bertugas secara profesional dan humanis.

“Rekayasa arus lalu lintas bersifat situasional jika terjadi stagnasi baru akan kami berlakukan pengalihan arus lalu lintas. Saya minta seluruh anggota jalani tugas secara profesional dan humanis,” ucap Susatyo.

Debat Jumat (22/12/2023) malam ini dimulai sekitar pukul 19.00 WIB dan  akan digelar selama 150 menit. Durasi khusus debat yaitu 120 menit, di mana dari waktu tersebut akan dibagi menjadi enam segmen.

Berikut jadwal lengkap debat capres-cawapres 2024:

• Debat pertama: Selasa, 12 Desember 2023 (sudah selesai)

• Debat kedua: Jumat, 22 Desember 2023

• Debat ketiga: Minggu, 7 Januari 2024

• Debat keempat: Minggu, 14 Januari 2024

• Debat kelima: Minggu, 4 Februari 2024


Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: witokaryono
Sumber: RRI