RRI

Tiga Kandidat Cawapres Bersiap Jalani Debat

22 Desember 2023 11:11 WIB
Tiga Kandidat Cawapres Bersiap Jalani Debat
Suasana gladi bersih debat capres. (Foto: ANTARA/Rangga Jingga)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Debat Calon Wakil Presiden pada Jumat (22/12/2023) malam di Jakarta Convention Center. Tiga kandidat cawapres menyatakan kesiapannya untuk saling beradu argumen dan gagasan.

Tema yang akan dibahas pada debat cawapres kali ini, adalah Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan dan Investasi Pajak. Kemudian Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyatakan, bahwa dia tidak mempermasalahkan pembahasan tema. Menurutnya, semua tema yang ada sangat menguntungkan.

"Namanya debat mustinya ada saling sanggah. Semua tema sama menguntungkan," kata Muhaimin kepada wartawan di Bekasi, Senin (18/12/2023). 

Sementara Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming hanya memberikan keterangan singkat. Dia menyatakan siap menghadapi debat. 

"Ya, ya nanti disiapkan, ya. Terima kasih," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/12/2023).

Selanjutnya, Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mempersiapkan diri dengan rajin membaca koran. Ia mengaku mempelajari isu-isu perekonomian di sejumlah media cetak. 

"Ya, siap aja. Baca-baca soal ekonomi, baca di koran tiap hari ada, tidak membaca khusus, oh ini infrastruktur suku bunga, inflasi," kata Mahfud di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Adapun pertanyaan-pertanyaan dalam debat cawapres disusun oleh 11 panelis yang telah ditunjuk KPU. Mayoritas panelis adalah ekonom dan akademisi.

Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia hingga lembaga riset seperti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). Debat bakal dipandu oleh Pemimpin Redaksi Detikcom Alfito Deannova dan news anchor Kompas TV Liviana Cherlisa.

Pewarta: Saviera Amalia
Editor: Mosita
Sumber: RRI