RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jelang Pemilu, Presiden: Situasi Politik Semakin Baik

Jelang Pemilu, Presiden: Situasi Politik Semakin Baik

22 Desember 2023 13:10 WIB
Jelang Pemilu, Presiden: Situasi Politik Semakin Baik
Presiden Joko Widodo memberi keterangan usai menghadiri Outlook Perekonomian Indonesia, di St Regis Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: RRI.co.id/PradiptaRahadi)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengaku optimis menghadapi tahun 2024, karena melihat situasi politik yang semakin baik. Menurutnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan terhadap kondisi politik tahun 2024.

"Saya tahu para pengusaha menunggu situasi politik, ada yang jadi deg-deg-an mendekati pemilu, terutama mendekati Pilpres. Saya menegaskan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata  Presiden dalam acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia, di St Regis Jakarta, Jumat (22/12/2023). 

Baca juga: Presiden Pastikan Nonton Debat Cawapres

Presiden mengatakan, rakyat di daerah begitu santai menghadapi Pemilu 2024 ini. Bahkan menurutnya, jika melihat dari sosial media dan media arus utama, Pilpres 2024 seolah-olah terkesan panas. 

"Kalau bacanya sosmed, nonton TV, adu debat antar politisi, ya sepertinya suasananya panas, sepertinya. Tapi kalau bapak/ibu turun ke masyarakat, desa, daerah-daerah, bapak/ibu bisa merasakan rakyat itu santai-santai saja, ya betul," ujar Presiden. 

Baca juga: Jelang Debat Cawapres, Presiden Tak Beri Gibran Wejangan

Presiden menilai, perpolitikan nasional jelang Pemilu 2024 sejatinya berjalan baik dan cenderung adem. Kondisi ini menurut Presiden sangat berbeda dengan Pilpres 2014 dan 2019. 

"Sebetulnya politiknya juga adem-adem saja, saya kira sangat jauh jika dibandingkan 2014 dan 2019. Sangat beda sekali," kata Presiden lebih lanjut. 

Menurutnya, masyarakat Indonesia sudah jauh dewasa dalam berpolitik. Hal itu ditandai dengan kondisi politik panas dapat segera didinginkan dan yang terbelah dapat bersatu kembali. 

Pewarta: Pradipta
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI