TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jelang Debat Cawapres, Indef Harap Ada Strategi Berbeda Dalam Visi Misi Guna Capai Pertumbuhan Ekonomi Optimal

Jelang Debat Cawapres, Indef Harap Ada Strategi Berbeda Dalam Visi Misi Guna Capai Pertumbuhan Ekonomi Optimal

22 Desember 2023 13:13 WIB
Jelang Debat Cawapres, Indef Harap Ada Strategi Berbeda Dalam Visi Misi Guna Capai Pertumbuhan Ekonomi Optimal

TVRINews, Jakarta

Wakil direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eko Listiyanto saat diskusi publik mengurai gagasan cawapres tentang ekonomi secara daring berharap ada strategi khusus guna capai pertumbuhan ekonomi yang diharapkan. 

“Pertumbuhan ekonomi saat ini cenderung turun bahkan mentok di 5 persen, harus ada strategi yang berbeda. Ini penting.” Ujar eko

Faktor ekonomi saat ini cenderung turun yaitu diantaranya investasi yang mahal biaya logistiknya. 

“Investasi mahal biaya logistiknya, konten impornya tinggi, bunga tinggi, dan lainnya termasuk birokrasi belum bersih dari KKN menjadi penghambat upaya capai target. Harus ada target core seperti Baik level pencairan dana maupun juga untuk aspek yang lain yaitu institusi” kata eko

Indef menyebut para capres-cawapres optimis targetkan pertumbuhan ekonomi menjadi negara maju di tahun 2045. Namun hal ini tidak mudah, membutuhkan dukungan di sektor keuangan baik amunisi likuiditas bank maupun non bank. 

Penting disadari para capres cawapres, kurang sekali likuiditas saat ini yang diperlukan. Harus ada upaya mengelaborasi ide ide dalam visi misi. 

Target pertumbuhan ekonomi capai 6 persen seperti yang dicita citakan sulit jika upaya masih sama. Laju kredit harus dua kali lipat. Oleh karenanya, dalam debat cawapres malam nanti, para cawapres dapat menguraikan ide idenya di bidang ekonomi sebagai pemantik pilihan bagi para pemilih.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI