TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Baswedan Soroti Pentingnya Oposisi yang Sehat Dalam Menjaga Demokrasi

Anies Baswedan Soroti Pentingnya Oposisi yang Sehat Dalam Menjaga Demokrasi

22 Desember 2023 17:37 WIB
Anies Baswedan Soroti Pentingnya Oposisi yang Sehat Dalam Menjaga Demokrasi
Anies Baswedan Soroti Pentingnya Oposisi yang Sehat Dalam Menjaga Demokrasi

TVRINews, Jakarta

Calon Presiden dengan nomor urut 1, Anies Baswedan menyoroti pentingnya peran oposisi yang sehat dalam menjaga kesehatan demokrasi.

Anies mengawalinya dengan membahas pengalamannya saat menjabat gubernur DKI Jakarta. Ia menjelaskan bahwa keberadaan oposisi yang kuat memberikan kekuatan lebih besar kepada pemerintah untuk mengambil keputusan strategis.

"Kami tetep berharap berada di pemerintahan itu memiliki kekuatan yang lebih besar daripada oposisi, supaya keputusan yang kita ingin lakukan itu bisa gol," kata Anies dalam keterangan yang diterima oleh tvrinews.com, Jumat, 22 Desember 2023.

Kemudian, Anies menyebutkan ruang perdebatan yang terbuka merupakan kunci dari oposisi yang sehat. Ia menekankan bahwa keputusan yang diambil setelah proses perdebatan cenderung lebih baik mencerminkan kepentingan bersama.

"Ada ruang bagi oposisi untuk mengungkapkan pandangannya. Sehingga ada perdebatan yang berimbang, dikasih ruang untuk perdebatan itu. Tapi kalau ruang perdebatan itu tidak ada maka yang rugi ya kita semua," ucapnya.

Selain itu, Anies mengingatkan pentingnya memastikan kekuatan di dewan untuk mencegah blokade kebijakan dan menjaga kelancaran proses pengambilan keputusan.

Maka dari itu, Anies mengatakan dengan tegas bahwa keseimbangan antara pemerintah dan oposisi di ruang perdebatan menjadi kunci utama.

"Ini idealnya jangan sampai semua rencana-rencana dikerjakan di blok karena pemerintah tidak punya kekuatan di dewan. Harus punya kekuatan di dewan, karena bukan tidak mungkin bagi yang menang itu mendapatkan dukungan yang banyak, tapi kalau pun lebih banyak ruang pada oposisi, jangan dihilangkan," tuturnya.

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI