TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Sebutkan Ideologi Kesetaraan dan Keadilan Sebagai Landasan Kebijakan Pemerintahannya

Anies Sebutkan Ideologi Kesetaraan dan Keadilan Sebagai Landasan Kebijakan Pemerintahannya

22 Desember 2023 19:32 WIB
Anies Sebutkan Ideologi Kesetaraan dan Keadilan Sebagai Landasan Kebijakan Pemerintahannya
Anies Sebutkan Ideologi Kesetaraan dan Keadilan Sebagai Landasan Kebijakan Pemerintahannya

TVRINews, Jakarta

Calon Presiden dengan nomor urut 1, Anies Baswedan menjelaskan terkait ideologi yang akan menjadi dasar kebijakan pemerintahannya, yang dimana kesetaraan dan keadilan akan menjadi panduan dalam pengambilan keputusan.

"Ideologi yang dipegang pemimpin itu harus memiliki ideologi yang diikuti oleh semua, diantaranya yaitu ideologi kesetaraan keadilan sehingga ketika mengambil keputusan harus jelas siapa dapat apa bagaimana berapa dimana," kata Anies dalam keterangan yang diterima oleh tvrinews.com, Jumat, 22 Desember 2023.

Sedangkan mengenai kriteria penyusunan kabinet pemerintahannya terdapat unsur politik, kompetensi, relevansi, dan ketidakbersalahan.

"Kabinet ini adalah sebuah keputusan politik tentu ada faktor politik. Kedua harus ada unsur kompetensi. Ketiga harus ada unsur relevansi. Kompeten belum tentu relevan. Kemudian, disitu ada unsur  ketidakbersalahan. Kalau mau menyebut integriti belum tentu orang sempurna tapi tidak bermasalah. Dan itu yg kita lakukan," tuturnya.

Selain itu, Anies juga mengatakan dengan tegas bahwa menjaga kepentingan publik merupakan prioritas utama.

"Kemudian dijaga keputusan itu dan bagaimana kita menjaga kepentingan publik tetap menjadi nomor satu, disiplinkan bila ada pelanggaran," ucapnya.

Baca Juga: Jelang Debat Cawapres, Cak Imin Puji Gibran dan Mahfud MD

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI