RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gibran Ingin Indonesia Keluar 'Middle Income Trap'

Gibran Ingin Indonesia Keluar 'Middle Income Trap'

22 Desember 2023 19:58 WIB
Gibran Ingin Indonesia Keluar 'Middle Income Trap'
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan visi dan misi pada acara debat kedua di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: rri.co.id/Charlie Reinhard)

KBRN, Jakarta: Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengatakan, Indonesia harus mampu keluar dari middle income trap atau situasi sulit meningkatkan pendapatan. Pernyataan tegas Gibran tersebut dilontarkan saat pembacaan visi-misi program kerja dalam debat cawapres.

"Kuncinya kita harus mampu menaikkan nilai tambah di dalam negeri. Di tengah gempuran resesi global, perang dagang, konflik geopolitik," kata Gibran dalam pidatonya, di acara debat capres-cawapres kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam.

Gibran pun merasa bangga, rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia konsisten pada angka 5 persen. Meski begitu, Gibran mendorong, pemerintah Indonesia ke depannya tidak berpuas diri.

"Pertumbuhan ekonomi berkualitas didukung dengan penurunan angka pengangguran. Kemudian, angka kemiskinan penurunan angkat gini rasio, dan juga angka inflasi yang terkendali," ucap Gibran.

Jika memenangkan Pilpres 2024, Gibran menjanjikan, akan memperkuat program hilirisasi seluruh sektor industri di Indonesia. Mulai dari hilirisasi tambang hingga digital.

"Apa agenda ke depan? Kita lanjutkan hilirisasi bukan hanya hilirisasi tambang saja. Tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital dan lain," ujar Gibran.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI