RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bersama Prabowo, Gibran Ingin Perkuat Program Hilirisasi Industri

Bersama Prabowo, Gibran Ingin Perkuat Program Hilirisasi Industri

22 Desember 2023 20:05 WIB
Bersama Prabowo, Gibran Ingin Perkuat Program Hilirisasi Industri
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat menyampaikan visi dan misi pada acara debat kedua di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: rri.co.id/Charlie Reinhard)

KBRN, Jakarta: Paslon Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menginginkan, program hilirisasi sektor Industri di Indonesia diperkuat. Yakni, Mulai dari hilirisasi tambang hingga digital.

"Apa agenda ke depan? Kita lanjutkan hilirisasi bukan hanya hilirisasi tambang saja. Tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital dan lain," kata Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat kedua capres-cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam.

Dalam visi-misi tersebut, Gibran bersama Prabowo, juga akan melakukan pemerataan pembangunan di Indonesia. Jadi, pembangunan yang 'spektakuler' tidak hanya lagi di Pulau Jawa.

"Tidak hanya Jawa Centris, kita akan berjuang terus ekonomi (menumbuhkan) kreatif dan juga UMKM. Insya Allah akan terbuka 19.000.000 lapangan pekerjaan pemerataan pembangunan itu wajib sekarang investas  yang di luar Jawa," ucap Gibran.

Kemudian, Gibran juga menyinggung pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Pembangunan di IKN, secara tidak langsung bakal membuka ladang ekonomi baru.

"Banyak yang investasi (di luar Jawa) sekitar 53 persen, pembangunan IKN yang berkelanjutan ini akan membuka (lapangan pekerjaan). Pertumbuhan ekonomi baru akan membuka akses dan juga konektivitas sekaligus membuka lapangan kerja," ujar Gibran.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bara
Sumber: RRI