RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mahfud Nilai Ekonomi Indonesia Seharusnya Tumbuh 7 Persen

Mahfud Nilai Ekonomi Indonesia Seharusnya Tumbuh 7 Persen

22 Desember 2023 20:40 WIB
Mahfud Nilai Ekonomi Indonesia Seharusnya Tumbuh 7 Persen
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat menyampaikan visi dan misi pada acara Debat Cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) (Foto: rri.co.id/Charlie Reinhard).

KBRN, Jakarta: Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia seharusnya bisa tumbuh 7 persen per tahun. Mahfud pun menyoroti pertumbuhan ekonomi di era Orde Baru (Orba).

"Ada yang bertanya, mungkin tidak menargetkan pertumbuhan ekonomi 7 persen dalam satu tahun? Karena dalam sejarah reformasi tidak pernah sampai tumbuh sebanyak tujuh persen, pernah dicapai tahun 89-91 era Orde Baru," katanya dalam Debat Cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Padahal, menurut Mahfud, Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam dan manusia. Mahfud meyakini, jika keduanya dikelola dengan baik, pertumbuhan ekonomi bakal tembus 7 persen per tahun.

"Pertanyaan itu saya sampaikan kepada beberapa orang ahli, mereka mengatakan 'hanya karena kebodohan kita'. Kita tidak bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi menjadi 7 persen," ucap Mahfud.

Ia pun menyoroti masalah korupsi yang menghambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Tidak hanya korupsi, efesiensi belanja negara juga dinilainya masih banyak masalah.

"Masalahnya apa? masalahnya banyak korupsi dan inefisiensi di sektor-sektor pertumbuhan ekonomi. Yaitu di sektor konsumsi, belanja pemerintah, ekspor impor, dan investasi," ujar Mahfud.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI