TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tangggapi Muhaimin, Mahfud pertanyakan Program 40 Kota dalam lima Tahun

Tangggapi Muhaimin, Mahfud pertanyakan Program 40 Kota dalam lima Tahun

22 Desember 2023 20:50 WIB
Tangggapi Muhaimin, Mahfud pertanyakan Program 40 Kota dalam lima Tahun
Tangggapi Muhaimin, Mahfud pertanyakan Program 40 Kota dalam lima Tahun

TVRINews, Jakarta

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD mempertanyakan visi misi Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), yang akan membangun 40 kota baru selevel Jakarta dalam waktu lima tahun. Mahfud menilai, tidak gampang membangun sebuah kota baru selevel Jakarta, dalam waktu lima tahun kedepan.

“Saya, agak kaget juga mau membangun 40 kota yang selevel Jakarta?,” tanya Mahfud, dalam debat Cawapres di JCC, Jumat malam, 22 Desember 2023. 

Mahfud kemudian mempertanyakan, apakah program tersebut dapat direalisasikan dalam 5 tahun saat menjabat menjabat Cawapres.

“Apa itu bisa dilaksanakan lima tahun bapak menjadi Presiden dan Wakil Presiden? Berapa kota dalam lima tahun?,” lanjut Mahfud.

 Mahfud menilai pelaksanaan proyek IKN saja butuh waktu puluhan tahun untuk dikerjakan saat ini.

“Ini IKN aja, baru puluhan tahun baru dilaksanakan, itupun yang investasi baru dalam bentuk Janji, belum ada yang melaksanakan,” terang Mahfud.

Sebelumnya pada pertanyaan panelis dengan sub tema Perkotaan, Cawapres Muhaimin, menyampaikan visi misi lima tahun pemerintahan kedepan, paslon nomor urut satu akan memprioritaskan dan menargetkan 40 kota selevel Jakarta dalam lima tahun.

“Kami, memiliki satu tekad bahwa didalam pemerintahan yang akan datang, minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel dengan Jakarta. Dengan kemampuan menampung jumlah penduduk memberikan sarana dan prasarana yang memadai sekaligus kemampuan untuk terjaganya lingkungan yang memungkinkan untuk sehat,” terang Muhaimin.

Seperti diketahui, 56 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan dan mencapai lebih dari 70 persen di tahun 2045. Permasalahan akan semakin kompleks, seperti transportasi public, sampah dan kawasan kumuh.

Baca Juga: Cak Imin Tekankan Skala Prioritas Pengunaan APBN dari Proyek Ambisius

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI