RRI

Sesi Debat, Cak Imin Kebingungan Soal SGIE

22 Desember 2023 21:57 WIB
Sesi Debat, Cak Imin Kebingungan Soal SGIE
Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar memberikan jawaban atas pertanyaan cawapres lainnya pada acara debat kedua di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: rri.co.id/Charlie Reinhard)

KBRN, Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar tampak kebingungan menjawab saat sesi debat. Ini ketikan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melontarkan pertanyaan soal State of the Global Islamic Economy (SGIE). 

"Terus terang SGIE saya ga paham. SGIE itu apa?" tanya Cak Imin kepada Gibran saat sesi debat di JCC Senayan, Jumat (22/12/2023). 

"Kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah, otomatis kita harus ngerti SGIE. SGIE itu State of Global Islamic Economy, misalnya sekarang yg sudah masuk sepuluh besar adalah makanan halal kita, 'skincare' halal kita, fashion halal kita, mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya gus," jawab Gibran menerangkan. 

Usai mendengarkan penjelasan Gibran, Cak Imin menilai, pertanyaan itu sangat penting bagi perekonomian. Sebab, Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia. 

Untuk itu, ia mengharapkan pemerintah menyiapkan seluruh perangkat regulasi agar tumbuh kembang industri halal. Termasuk membantu sertifikasi secara murah dan gratis untuk UMKM. 

"Kita punya potensi menjadi pusat ekojomi syariah dunia. Posisi kita yang masih di bawah ini membutuhkan langkah-langkah penting agar yang disebut SGIE ini menjadi kita menaikkan peringkat," ujarnya.

Pewarta: Mandra
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI