RRI

Mahfud Kaget Rencana Cak Imin Bangun 40 Kota

22 Desember 2023 22:14 WIB
Mahfud Kaget Rencana Cak Imin Bangun 40 Kota
Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar memberikan jawaban pertanyaan Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka pada acara debat kedua di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) (Foto: rri.co.id/Charlie Reinhard)

KBRN, Jakarta: Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD mendebat Cawapres Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Mahfud merasa kaget, target Cak Imin ingin membangun 40 kota se-level DKI Jakarta.

"Saya agak kaget juga mau membangun 40 kota se-level Jakarta. Apa itu bisa dilaksanakan (pembangunannya) lima tahun menjabat presiden dan wakil presiden (2024)," kata Mahfud dalam debat kedua capres-cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam.

Kemudian, Mahfud membandingkan, target pembangunan IKN Nusantara dengan 40 kota se-level Jakarta. Menurutnya, pembangunan 40 kota se-level Jakarta membutuhkan investasi yang lebih besar dari IKN.

"Ini IKN sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itupun yang investasi baru dalam bentuk janji. Belum ada yang melaksanakan, nah gitukan," ucap Mahfud.

Tidak sampai itu, Mahfud juga mempertanyakan, pembangunan 40 kota tersebut menggunakan anggaran APBD dan APBN. Menurut Mahfud, Cak Imin harus menjelaskan lebih detail kepada publik.

"Luar biasa menurut saya 40 kota se-level Jakarta yang sudah metropolitan seperti itu. Lalu juga pembiayaannya, menurut pak Muhaimim, 40 kota itu pembiayaannya  APBN atau APBD ataukah lembaga khusus," ujar Mahfud.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Cecep
Sumber: RRI