RRI

Perdebatan Panas Gibran dan Mahfud Soal IKN

23 Desember 2023 00:00 WIB
Perdebatan Panas Gibran dan Mahfud Soal IKN
Cawapres nomor urut 02, Gibran Ramabuning Raka berdebat sengit dengan Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD soal IKB pada debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta (Foto:RRI/Charlie)

KBRN, Jakarta : Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur menjadi topik panas dalam debat cawapres, malam ini. Topik itu awalnya diungkapkan cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka.

Gibran mengatakan, IKN bisa dibangun tanpa harus menggunakan APBN. Bahkan, banyak pihak yang gagal paham, karena pembangunan IKN hanya menggunakan 20 persen menggunakan APBN.

"Sisanya adalah dan investasi dari luar negeri. Ini yang banyak yang gagal paham," ujarnya Gibran dalam debat Cawapres di JCC, Jumat (22/12/2023).

Menanggapi hal tersebut, cawapres nomor urut 03, Mahfud MD justru mempertanyakan siapa saja investor yang sudah masuk di IKN. Pasalnya, dirinya melihat belum ada investor yang masuk.

"Sejauh yang kita baca sampai sekarang belum ada satupun investor yang masuk ke sana. Coba kalau ada sebutkan misalnya dua atau satu gitu investor mana yang sudah masuk ke sana," imbuh dia.

"Saya dengar justru ada ratusan ribu hektar tanah sudah dikuasai oleh pengusaha-pengusaha tertentu sekarang ini. Apakah benar?," tambah Mahfud.

Menjawab pertanyaan itu, Gibran memastikan sudah ada beberapa investor yang masuk IKN dan mulai membangun. Bahkan dirinya, meminta Mahfud MD untuk mencari tahu investor yang masuk ke IKN di Google.

"Menanggapi Prof Mahfud, mungkin nanti setelah pulang dari debat bisa di Google . Sudah banyak yang masuk Mayapada, Agung Sedayu dan nanti akan tambah lagi. Mungkin setelah pilpres karena mereka kan akan pasti akan 'wait and see', melihat stabilitas politik di Indonesia," ucap Gibran.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Pessy
Sumber: RRI