TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Dinilai Tak Paham Pertanyaan Gibran soal SGIE, Cak Imin: Saya Lupa Nama Singkatannya

Dinilai Tak Paham Pertanyaan Gibran soal SGIE, Cak Imin: Saya Lupa Nama Singkatannya

23 Desember 2023 07:58 WIB
Dinilai Tak Paham Pertanyaan Gibran soal SGIE, Cak Imin: Saya Lupa Nama Singkatannya
Dinilai Tak Paham Pertanyaan Gibran soal SGIE, Cak Imin: Saya Lupa Nama Singkatannya

TVRINews, Jakarta

Muhaimin Iskandar (Cak Imin) calon wakil presiden (Cawapres) dari nomor urut 1 menyampaikan jika dirinya lupa terkait dengan istilah SGIE (State Of Global Islamic Economy).

Sebelumnya, Calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan langkah kedepannya terkait dengan SGIE ke Cak Imin saat debat perdana cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023. Mendengar istilah tersebut, Cak Imin mengaku jika dirinya tidak mengertinya pertanyaan dari Gibran itu.

Cak Imin menjelaskan, jika dalam dunia ekonomi memliki banyak sekali sebuah singkatan yang ada di Indonesia ini dan ia mengaku ada sebuah singkatan yang dirinya lupa.

"Ya namanya istilah itu kan banyak sekali. Ada yang kadang kita hafal, ada yang kebetulan kita lupa singkatannya," kata Cak Imin kepada wartawan di  JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 22 Desember 2023 malam.

Kemudian, ia mengatakan jika pertanyaan tersebut harus merujuk pada instansi yang jelas. Hal ini dikarenakan, di Indonesia ekonomo merupakan hal yang sangat penting.

"Tapi ini biasa, pertanyaan-pertanyaan yang bisa saja dimunculkan setiap saat, dan yang penting kita ngerti substansinya dan bisa menjelaskan dengan tepat, apa yang sebetulnya (dimaksud) kepentingan ekonomi syariah yang menjadi bagian dari kekuatan bangsa kita," terang dia.

Diketahui, Terdapat momen menarik yang kembali terjadi saat calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka dalam segmen saling tanya dalam Debat Cawapres yang berlangsung di Gedung Jakarta Convention Centre (JCC), Jumat, 22 Desember 2023.

Pasalnya, Cak Imin tidak paham terkait pertanyaan yang diberikan oleh Gibran terkait State of the Global Islamic Economy (SGIE).

"Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat indo di SGIE?," kata Gibran saat bertanya kepada Cak Imin.

"Terus terang SGIE saya kurang paham, SGIE itu apa?," ujar Cak Imin.

Gibran pun menjelaskan dalam konteks ini sedang fokus kembangkan keuangan syariah, otomatis harus paham SGEI atau State Global Of Economic Islamic.

"Misalnya sekarang yang sudah masuk 10 besar adalah makanan halal kita, skincare kita, fashion kita. Mohon maaf kalo pertanyaan agak sulit ya gus," tutur Gibran.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI