RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pendamping Pemilih ODGJ di TPS Adalah Pengampunya

Pendamping Pemilih ODGJ di TPS Adalah Pengampunya

23 Desember 2023 09:25 WIB
Pendamping Pemilih ODGJ di TPS Adalah Pengampunya
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat melakukan wawancara dengan awak media. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Pendamping pencoblosan untuk pemilih Pemilu 2024 dari kelompok ODGJ (orang dengan gangguan jiwa), dipertanyakan masyarakat. Pada Pemilu 2024 ini, ODGJ diberikan hak yang sama untuk menyalurkan suaranya di TPS.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, pendamping ODGJ di bilik suara TPS adalah pengampunya atau pengurusnya. "Tentu saja di bawah pengampuan ya, di bawah rumah sakit jiwa maupun di panti sosial," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Sabtu (23/12/2023).

Hasyim membeberkan, syarat ODGJ yang diberikan hak suara pada Pemilu 2024. Syarat tersebut, pada dasarnya sama seperti untuk pemilih lainnya.

"Dari waktu ke waktu dari pemilu ke pemilu maupun pilkada, WNI telah berusia genap 17 tahun, telah kawin. Atau pernah kawin atau terdaftar itu kan diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilih," ucap Hasyim.

Kemudian, Hasyim mengungkapkan, pemungutan suara untuk pemilih ODGJ dilakukan dari pukul 07.00-13.00 waktu setempat. Karena, pemungutan suara berlaku di seluruh wilayah di Indonesia.

"Sebagaimana pemilu yang sudah-sudah, jam pemungutan suaranya kan jam 7 sampai jam 13. Durasi itu, KPU kabupaten/kota akan berkoordinasi dengan para pengampunya itu, dokter yang mengampu itu," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI